« Kembali
Tips Berat Badan Stabil Pasca Lebaran
Filter makanan. Perhatikan kebutuhan kalori tubuh.
Wuri Handayani, Tasya Paramitha
Kamis, 1 Agustus 2013, 08:05 WIB
Seimbangkan asupan nutrisi untuk menjaga berat badan stabil.  
Seimbangkan asupan nutrisi untuk menjaga berat badan stabil.  

VIVAlife - Menyambut lebaran, menu-menu apa saja yang sudah disusun untuk dihidangkan? Ya, Lebaran juga identik dengan santapan lezat seperti opor ayam dengan santan kental, gulai kambing beraroma khas, sambal goreng dengan potongan hati sapi, atau yang lainnya. 

Meski ini hanya tradisi tahunan, perhatikan juga efek kenaikan berat badan. Hasil survei sederhana yang dilakukan oleh tim Jakarta Food Editor's Club (JFEC) mengungkap bahwa sebagian besar responden mengalami kenaikan berat badan setelah lebaran.

Survei tersebut melibatkan 30 responden yang diberikan serangkaian pertanyaan mengenai kebiasaan makan dan minum saat lebaran. Selain itu juga menu buka dan sahur saat puasa.

Dari data yang diperoleh, mereka yang pada puasa kerap menyantap gorengan dan minuman manis, cenderung mengalami kenaikan berat badan signifikan. Ditambah dengan konsumsi makanan berlimbah saat lebaran. Sedangkan mereka yang saat puasa menyantap makanan sehat, hidangan lebaran tidak terlalu berpengaruh pada kenaikan berat badan. 

"Hal ini tentu saja bukan hanya disebabkan oleh makan terlalu banyak saat lebaran saja. Kebiasaan yang salah saat sahur dan berbuka puasa selama puasa juga mempengaruhi berat badan pasca lebaran," ucap Andriyani Wagianto, Nutrition and Health Manager PT Unilever Indonesia, Tbk.

Untuk menghindari kenaikan berat badan yang tidak Anda inginkan, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut:

Kontrol kalori

Tak sedikit orang mengalami kenaikan berat badan setelah berpuasa dan lebaran. Han ini karena tidak adanya kontrol yang baik terhadap jumlah kalori yang masuk dalam tubuh. Sesuaikan kebutuhan kalori dengan asupan kalori yang dikonsumsi.
 
Filter makanan

Karena Lebaran identik dengan makanan melimpah, enak, bersantan, berkalori, mengandung kolesterol tinggi, dan manis, tak heran jika angka timbangan bertambah. Untuk meminimalkan hal tersebut, imbangi dengan konsumsi buah, sayur, dan air putih agar metabolisme berjalan baik. 


• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id