Penting Dibawa Saat Mudik dengan Balita

Ilustrasi/Jalur mudik kawasan Jalan Raya Nagreg, Kabupaten Bandung
Sumber :
  • Antara/ Fahrul Jayadiputra

VIVAlife - Perjalanan panjang dan macet identik dengan mudik. Meskipun begitu, pulang kampung sudah jadi budaya. Selalu dilakukan demi merayakan hari raya bersama keluarga. Seluruh anggota keluarga pun dibawa tak terkecuali balita.

Melakukan perjalanan melelahkan saat mudik dengan membawa balita memang tak mudah. Diperlukan persiapan matang demi membuat si kecil merasa nyaman diperjalanan. Apalagi, balita mudah merasa bosan.

Kelelahan, rewel serta mabuk saat perjalanan bisa saja terjadi. Jangan panik jika balita Anda mengalami pusing, mual, muntah, dan menangis tanpa henti. Sediakan saja barang-barang berikut dalam tas. Sangat penting untuk dibawa saat mudik membawa balita.

- Baju ganti mudah dipakai
Baik mudik menggunakan pesawat, kereta, bus atau mobil pribadi, selalu sediakan baju ganti yang mudah dipakai untuk balita. Pisahkan dengan tas khusus dan bukan di koper.

Suzuki Siapkan 66 Bengkel Siaga Dukung Mudik Lebaran 2024

Pastikan baju tersebut berbahan lembut dan mudah dipakai serta tak banyak detail. Ingatlah, balita akan dengan mudah berkeringat, muntah atau bajunya kotor terkena makanan. Jangan segan untuk cepat menggantinya karena kalau balita merasa gatal dan lengket akan sangat rewel.

- Handuk dan tisu basah

Tisu kering dan tisu basah serta handuk jangan sampai ketinggalan. Pasti akan sulit untuk berhenti di rest area demi mencari air untuk mengusap tubuh balita. Belum lagi antrian yang mengular. Untuk itu pastikan di tas ada handuk kecil atau tisu kering serta tisu basah.

- Cemilan

Jangan sampai balita merasa kelaparan. Anda mungkin bisa membelinya dalam perjalanan tapi akan lebih baik jika Anda menyiapkan sebelumnya. Bisa membuat sendiri atau membeli makanan dalam kemasan yang memang jadi favorit si kecil.

- Mainan atau buku cerita
Boneka, mobil-mobilan atau buku penuh gambar lucu bisa jadi senjata jika si kecil mulai bosan di perjalan. Pastikan juga Anda membawa mainan favoritnya atau lagu kesukaannya. Usahakan untuk membuat suasana bermain di perjalanan.

- Obat-obatan
Jika si kecil memiliki masalah kesehatan, obat-obatan yang diresepkan dokter tentunya harus dibawa. Selain itu Anda juga bisa membawa obat penurun panas serta vitamin. Minyak penghangat tubuh juga jangan ketinggalan.

- Bantal kecil dan selimut
Melakukan perjalanan malam hari banyak dilakukan oleh orangtua yang memiliki balita. Karena, saat malam mereka akan mudah tidur dan saat pagi sudah sampai di tujuan. Tapi jangan sampai lupa membawa bantal dan selimut. Pastikan si kecil tidur dengan hangat dan nyaman.

Ilistrasi moisturizer

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Moisturizer telah lama menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit. Moisturizer atau pelembap telah terbukti dapat meningkatkan kadar air di stratum korneum.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024