5 Makanan Pengikis Kolesterol Usai Lebaran

Air Hangat dan Lemon
Sumber :
  • http://www.indotopinfo.com
VIVAlife - Menu-menu khas lebaran memang sulit ditolak. Opor ayam dengan santan kental, gulai kambing beraroma khas, sambal goreng dengan potongan hati sapi, atau yang lainnya. Tak heran jika banyak yang mengeluhkan kenaikan berat, kolesterol, atau juga hipertensi pasca lebaran. 

Bila Anda juga mengalami masalah ini, artinya tubuh sudah terkontaminasi racun makanan. Untuk menetralisir racun dan terutama lemak peningkat kolesterol tubuh, Anda perlu mengonsumsi buah dan sayur ini untuk detoksifikasi. 

Lemon

Ingin tahu kehebatan lemon untuk tubuh? Para ahli menyebut bahwa kulit lemon bertindak sebagai detoksifikasi alami. Sedangkan air perasannya mampu membersihkan darah, menyegarkan tubuh, mengatasi masalah pencernaan, dan memberi asupan vitamin C untuk melawan virus.  

Apel

Pektin, jenis serat pada apel sangat dianjurkan selama proses pembersihan tubuh, bahkan toksin yang sudah terakumulasi sekalipun. Anda dapat mencampurkan potongan apel dengan buah yang lain sebagai salad, atau membuat jus segar tanpa gula. Dilansir iVillage, ahli gizi dan konsultan holistik di San Fransisco, Mike Nguyen mengatakan bahwa semakin banyak kita mengonsumsinya, semakin cepat racun terbuang. 

Bawang putih

Tak hanya menyehatkan jantung dan meningkatkan kekebalan tubuh, senyawa sulfur bawang putih juga membantu detoksifikasi racun yang bersarang dalam tubuh. Proses menetralkan racun ini disebut dengan sulfasi. Nguyen menyarankan Anda untuk mengonsumsi 2-3 siung bawang putih untuk hasil maksimal. 

Asparagus

Sayur yang biasa disajikan untuk sup hangat ini ternyata juga bisa mengeluarkan racun dari tubuh. Para ahli gizi menyebutnya sebagai obat alami yang kaya serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang melindungi organ hati dan kebersihan darah. 

Brokoli

Saat dicerna, brokoli akan melepaskan antioksidan dan nutrisi yang dibutuhkan untuk pembersihan racun dalam darah. Brokoli juga mengandung vitamin C, K, A, serat, dan folat yang mampu mengatasi masalah peradangan dalam tubuh. 
Konflik Makin Panas, India Larang Warganya Kunjungi Israel dan Iran

Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Erick Thohir Ketemu Kiper Inter Milan, Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Rumor naturalisasi pemain Timnas Indonesia kembali mencuat. Kali ini, kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi kembali masuk dalam daftar calon naturalisasi.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024