RESEP: Permen Jelly Camcau, Camilan Sehat untuk Lebaran

Permen daun camcau
Sumber :
  • VIVAlife/Daru Waskita

VIVAlife - Ingin coba membuat camilan sehat sekaligus lezat untuk disajikan Lebaran nanti? Anda bisa mengikuti resep permen jelly daun camcau ala mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, yakni Ami Nurhayati, Iwuk Wijayanti, Ervina Rahayu Setiawati, dan Ana Risqiana Putri.

Rizky Nazar Diisukan Selingkuh, Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Keempatnya sukses mengolah daun camcau atau cincau menjadi sebuah penganan manis yang disukai oleh anak-anak. Menurut Ami, daun camcau memiliki banyak khasiat kesehatan. Salah satunya membantu menyembuhkan penyakit degeneratif, seperti jantung koroner karena kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya.

“Terdapat 6,23 gram per 100 gram kandungan serat kasar di dalamnya. Apabila dikonsumsi dengan buah dan sayur maka dapat mencukupi kebutuhan serat harian sebesar 30 gram,” ujar Ami.

Dengan kandungan serat yang cukup tinggi dan kalori yang hanya sebesar 122 maka camcau dapat juga dikonsumsi setiap malam untuk membantu melancarkan buang air besar. Manfaat kesehatan juga dapat diperoleh dari akarnya yang mengandung pati, dan lemak yang mampu mengobati demam dan sakit perut.

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Iwuk menambahkan bahwa camcau juga baik dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalani diet karena rendah kalori namun tinggi serat. “Serat yang terkandung di dalamnya juga bermanfat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker,” kata Iwuk.

Bahan dan pembuatan permen jelly camcau tidak terlalu sulit. Cukup siapkan daun camcau, bubuk agar– agar, gula pasir, garam dapur halus, vanilli, air mineral, minyak sayur dan buah-buahan. Sebaiknya pilih daun camcau yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda.

Setelah itu cuci dan giling daun camcau sebanyak 1 kilogram dengan menggunakan blender. Hasil gilingan kemudian disaring dengan menggunakan saringan berdiameter 30 centimeter untuk memisahkan daun dan sari daunnya. Ambil sari daun camcau sebanyak 18 liter.

Prediksi Pertandingan Premier League: West Ham United vs Liverpool

Sementara itu buah -sesuai selera- sebanyak 5 kilogram dicuci dan digiling dengan blender. Setelah itu gilingan buah disaring untuk memisahkan sari dengan ampas buah. Sari buah terdiri dari tiga jenis buah dan masing – masing diambil sebanyak 6 liter sari buah.

Proses selanjutnya, 18 liter air camcau dimasak jadi satu dengan serbuk agar – agar 140 gram. Kemudian tambahkan gula pasir sebanyak 4,5 kilogram sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah itu tambahkan garam sebanyak 30 gram.

Tuangkan campuran adonan yang sudah mendidih ke dalam tiga panci. Masing – masing panci ditambahkan sari buah. Setiap adonan diberikan tambahan vanilli lalu dimasukkan ke dalam loyang dengan ketinggian masing – masing 3 centimeter.

Jangan lupa melapisi loyang dengan minyak sayur agar tidak lengket. Diamkan adonan hingga uap panas menghilang dan permen jelly mengeras. Kemudian jemur adonan di bawah terik matahari hingga kandungan airnya hilang. Adonan yang sudah kering dipotong dengan ukuran 1x2x1 centimeter. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya