FOTO: Ungkap Kemegahan Situs Sejarah Bawah Laut

Pavlopetri
Sumber :
  • nottingham.ac.uk
VIVAlife - Plesir untuk menikmati kemegahan arsitektur kuno ternyata tak hanya dapat dinikmati di darat. Jauh di bawah laut, peninggalan kuno juga ada. Entah apa yang membawanya sampai ke dasar laut. Bisa gempa bumi, banjir, atau peristiwa geologi lainnya. Yang jelas di bawah laut, di beberapa negara, situs ini tersimpan. Jika Anda memiliki rasa sejarah, coba mengunjungi museum bawah laut ini.
Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Istana Cleopatra, Alexandria-Mesir
5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Pelabuhan Alexandria adalah saksi bisu yang menyimpan reruntuhan Istana Cleopatra. Dilansir Huffington Post, jika Anda menyelam, Anda akan menemukan artefak patung Firaun dari abad 4 sampai 5 SM (Sebelum Masehi). Selain itu juga batu berbentuk kepala yang diyakini sebagai gambaran anak Cleoparta, patung sphinx, dan koin kuno.
Kunjungan ke Jepang, Sekjen Kemnaker Terus Berupaya Tingkatkan Kerja Sama Pengembangan SDM

Port Royal -Jamaica

Abad ke-17, Port Royal disebut surga para bajak laut. Banyak bar dan penginapan yang kerap menjadi persinggahan mereka. Namun, gempa besar dan tsunami tahun 1692 menyapu dan menenggelamkan sebagian kota. Menghilangkan banyak bangunan dan lebih dari 2.000 orang. Kini bawah laut Port Royal kerap dikunjungi penyelam yang ingin melihat ratusan kapal, sisa-sisa bangunan dan jalanan aspal yang tenggelam. 

Yonaguni-Jima, Okinawa-Jepang

Sebuah monumen ditemukan di lepas pantai Jepang oleh penyelam pada tahun 1985. Museum ini diyakini sudah ada sejak 10.000 SM. Beberapa strukturnya adalah buatan manusia, terlihat dengan ditemukannya hieroglif (tulisan dengan abjad Mesir Kuno) yang terdapat di beberapa sudut museum. Para arkeolog mengatakan bahwa museum ini merupakan rekaman peninggalan awal peradaban. 

Pavlopetri, Yunani

Pavlopetri adalah kota yang  tenggelam dan sebagian muncul kembali 1.000 SM. Para ahli sejarah menyebut Pavlopetri sebagai kota yang memiliki sistem perairan canggih. Di bawah air, Anda dapat melihat jalan-jalan, gedung-gedung, ruang taman, halaman, dan kapal yang menyimpan banyak barang. Sebuah proyek penggalian dilakukan sebagai usaha pelestarian kota, sebelum kota ini benar-benar tenggelam. Lihat foto selengkapnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya