Studi: Bawang Putih Tekan Risiko Kanker Paru-paru

Ilustrasi bawang putih
Sumber :
  • iStock

VIVAlife - Bawang putih memang bisa menimbulkan bau tak sedap pada mulut. Namun, bukan berarti Anda memiliki alasan untuk tidak mengonsumsinya.

3.37 Mln Hectares Palm Plantation Inside Forest Area, KLHK Identifies

Rempah yang satu ini ternyata memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Apalagi, jika dikonsumsi langsung dalam kondisi mentah.

Sebuah penelitian terbaru di China mengungkap, bawang putih mentah bisa menekan risiko seseorang terkena kanker paru-paru. Seperti dilansir laman Daily Mail, mereka yang mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur, 44 persen lebih kecil kemungkinannya menderita penyakit kanker paru-paru.

Bahkan, efek yang sama juga terjadi pada para perokok yang mengonsumsi bawang putih mentah. Peneliti menemukan bahwa risiko terkena kanker paru-paru berkurang sekitar 30 persen pada para perokok yang mengonsumsi rempah tersebut.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cancer Prevention Research ini, ilmuwan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Provinsi Jiangsu membandingkan 1.424 pasien kanker paru-paru dengan 4.500 orang dewasa yang sehat. Masing-masing ditanya mengenai kebiasaan makan dan gaya hidup mereka. Termasuk seberapa sering mengonsumsi bawang putih dan apakah mereka merokok.

Hasilnya, mereka yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali selama sepekan, secara signifikan lebih kecil kemungkinannya terkena kanker paru-paru. Bahkan, jika mereka merokok atau terkena suhu tinggi asap minyak goreng yang dianggap sebagai salah satu pemicu kanker paru-paru.

"Bawang putih memiliki potensi yang berfungsi sebagai agen pencegahan untuk kanker paru-paru," ujar para peneliti.

Lebih lanjut, tidak disebutkan apakah bawang putih yang telah dimasak akan memiliki efek yang sama. Namun, penelitian sebelumnya mengungkap bahwa senyawa penting yang disebut allicin akan terlepas saat bawang putih dihancurkan atau dicincang.

Allicin sendiri dikenal memiliki khasiat untuk meredam peradangan dalam tubuh dan berperan sebagai anti-oksidan. Studi lainnya juga menyebut bahwa bawang putih dapat membantu menangkal flu biasa dan bahkan malaria.

Khasiat bawang putih untuk kesehatan memang bukan hal yang baru lagi. Penelitian yang dilakukan University of South Australia menemukan bahwa bawang putih bisa memangkas risiko kanker usus hampir sepertiganya. (art)

Catherine Wilson

Catherine Wilson Tuntut Nafkah Rp100 Juta Per Bulan, Idham Masse Ungkap Hal Mengejutkan

Kata Catherine Wilson, suaminya sempat janji untuk menafkahinya Rp100 juta per bulan. Hal tersebut sudah tertuang di perjanjian pranikah Idham Masse dan Chatherine

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024