Insomnia? Atasi dengan Tidur di Luar Ruangan

kemah
Sumber :
VIVAlife - Sering mengalami kesulitan tidur? Salah satu penyebabnya bisa jadi karena Anda terlalu banyak terpapar cahaya lampu listrik. Dalam jurnal Current Biology, para ilmuwan dari University of Colorado di Boulder mengatakan bahwa kehidupan modern yang dekat dengan teknologi memungkinkan orang menjadi kurang istirahat. Ini terjadi sejak kesediaan listrik pada 1930-an.
Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

Solusi untuk mengatur ulang jam biologis adalah: berkemah. Para ilmuwan melakukan penelitiannya pada delapan orang relawan mengenai ritme biologis dari mulai Matahari terbit hingga tenggelam. 
Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Dari hormon melatonin, yakni hormon yang mengatur ritme biologis, para peneliti menemukan bahwa eksposur cahaya buatan menyebabkan penundaan tidur sekitar dua jam setiap harinya. 
Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024

Para ilmuwan kemudian meminta relawan untuk berkemah selama satu pekan. Peserta dilarang membawa peralatan elektronik sumber cahaya. Mereka hanya mengandalkan api unggun untuk penerangan di malam hari. 

"Mereka semua kembali pada jam biologis normal. Awalnya bergeser sedikit demi sedikit. Dari mulai tidur tengah malam, hingga tidur dalam jam normal," kata Prof Kenneth Wright dari University of Colorado di Boulder seperti dikutip BBC.

Lebih lanjut, Wright mengatakan bahwa penerangan modern dan pola hidup yang menghindari paparan Matahari berkontribusi pada gangguan sulit tidur, yang mengakibatkan berkurangnya konsentrasi di pagi hari. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya