Ingin Lebaran Bareng Presiden, Ribuan Orang Padati Istana

SBY gelar Open House di Istana
Sumber :
  • VIVAnews/Santi Dewi
VIVAnews
Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania
- Ribuan orang terlihat berduyun-duyun mendatangi Istana Negara pada hari pertama Idul Fitri, Kamis 8 Agustus 2013. Mereka ingin berlebaran bersama Presiden SBY dan Ibu Negara.

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel

Menurut Kepala Biro Pers Istana, DJ Nachrowi, pintu gerbang gedung Sekretariat Negara yang menghubungkan ke Istana, telah dibuka untuk umum pukul 13.30 WIB tadi. Namun SBY, baru menyambut warga pada pukul 15.30 WIB.
Asosiasi Sepak Bola Palestina Serukan Sanksi Terhadap Tim Israel pada Pertemuan FIFA


"Jeda waktu itu digunakan Presiden untuk beristirahat sejenak, karena sebelumnya telah menerima ribuan pejabat negara dan Menteri," ungkap Nachrowi kepada media.


Dari data yang diperoleh Nachrowi, jumlah pejabat tinggi Negara yang hadir di acara
open house
pada pagi hari berjumlah 1.250 orang. Walaupun hanya untuk undangan terbatas, rupanya ada juga beberapa warga umum yang terselip ikut rombongan
open house
pertama.


"Kami kan tidak mungkin menanyakan kepada tiap tamu, apakah dia itu pejabat atau bukan," kata dia.


Sementara untuk
open house
yang terbuka bagi umum, Nachrowi memperkirakan akan ada sekitar empat ribu orang yang ingin berlebaran bareng Presiden SBY. Empat ribu orang iu nantinya dibagi ke dalam 10 gelombang.


"Jadi masing-masing gelombang ada sekitar 400 orang," ujarnya.


Pantauan
VIVAnews
pada pukul 16.30 WIB tadi, antrean pengunjung telah memasuki gelombang keempat. Untuk membedakan tiap gelombang, panitia istana sengaja menyiapkan kartu dengan warna yang berbeda.


Tujuannya agar pengunjung yang tiba di Istana dapat tertib dan pengaturannya lebih mudah. Selain itu pihak Istana juga turut mengundang perwakilan orang disabilitas.


"Kami memberikan kuota sekitar 1.500 orang disabilitas di Istana. Mereka berada terpisah dari gedung ini. Jadi hanya perwakilan saja yang menyalami Presiden," kata Nachrowi.


Warga umum ini datang dari beragam kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua lansia.


Mereka sengaja berkumpul di istana untuk mengucapkan Idul Fitri kepada SBY dan istrinya. Menurut Nachrowi, pintu akses Setneg akan ditutup pada pukul 18.00 WIB.


"Jadi warga hanya boleh mendatangi Istana hingga pukul 16.30 WIB. Sisanya yang sampai jam 18.00 WIB merupakan penghabisan dari warga yang telah berada di Istana," katanya. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya