Sering Insomnia? Hindari Tiga Makanan Ini

Ilustrasi Gangguan Fase Terlambat Tidur
Sumber :
VIVAlife - Masih belum bisa tidur? Biasanya gangguan insomnia ini terjadi karena jam biologis yang tidak beraturan. Atau juga otak yang terus dipaksa untuk berpikir sehingga menimbulkan kegelisahan. 
Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 26 April 2024

Selain dua penyebab ini, bisa jadi Anda salah mengonsumsi makanan. Dilansir laman Boldsky, beberapa makanan mampu meningkatkan tekanan darah dan energi yang membuat Anda sulit tidur. Apa saja? 
Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Pisang
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Buah ini kaya akan kalium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Akan tetapi, pisang juga memiliki konsentrasi tiramin yang tinggi. Semakin matang buahnya, semakin tinggi tiramin yang dapat meningkatkan kadar gula dan tekanan darah. 

Selain tiramin, pisang juga mengandung xenobiotik, bahan kimia yang dapat mengubah keseimbangan hormon, perubahan suasana hati, gangguan saraf, tidur yang buruk, dan lelah ketika bangun di pagi hari.

Keju

Ketika Anda perlu obat pencegah kantuk, keju bisa menjadi solusi. Akan tetapi, waspadalah saat mengonsumsinya di malam hari. Keju dapat menyebabkan insomnia. Sama seperti pisang, makanan fermentasi ini mengandung tiramin.

Cokelat hitam 

Kandungan kakao pada cokelat hitam memang memberi keuntungan dalam pencegahan penyakit metabolik atau diabetes. Akan tetapi, cokelat juga sulit dicerna hingga mengonsumsinya dalam porsi banyak menimbulkan masalah usus.

Cokelat juga meningkatkan serotonin yang menimbulkan kecemasan. Serotonin bertanggung jawab pada aktivitas di siang hari untuk meningkatkan suasana hati. (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya