Riset: 4 Cangkir Kopi Sehari Bisa Bikin Mati Muda

Kopi
Sumber :
  • greatcoffeeideas.wordpress.com

VIVAlife - Menyeruput kopi di pagi hari memang benar-benar nikmat. Namun jangan sampai Anda mengkonsumi minuman berkafein ini terlalu banyak. Sebab peneliti di Amerika Serikat menemukan minum lebih dari 28 cangkir kopi seminggu atau lebih dari empat cangkir kopi sehari ternyata meningkatkan risiko kematian dini.

Penelitian ini menyimpulkan mereka yang minum kopi lebih dari empat cangkir sehari, rata-rata meninggal saat berusia di bawah 55 tahun.

Seperti diberitakan Daily Mail, temuan ini berasal dari studi gaya hidup orang Amerika yang melibatkan 43.727 orang berusia 20 sampai 87 tahun.

Para peneliti menduga konsumsi kopi berlebihan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, berat badan berlebih, dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Orang yang memiliki masalah kecanduan kopi, mungkin rentan terhadap efek berbahaya ini. Namun studi lain justru menyebutkan konsumsi kopi dengan jumlah moderat, bisa bikin jadi umur panjang.

Sekitar 2.500 kematian selama 16 tahun dicatat dan diteliti dalam studi ini. Dari jumlah itu, kurang dari sepertiganya meninggal karena penyakit jantung dan arteri. Studi ini menyatakan mereka yang memiliki kebiasaan minum kopi, biasanya juga memiliki kebiasaan buruk merokok, hingga memicu masalah kerusakan jantung dan paru-paru.

Risiko kematian pun ditemukan meningkat, 56 persen, baik untuk pria maupun wanita yang minum kopi lebih dari 28 cangkir seminggu. Hasil riset ini dimuat dalam sebuah laporan di jurnal Mayo Clinic Proceedings.

Peneliti Steven Blair dari University of South Carolina mengatakan, "Secara signifikan hasilnya tidak menunjukkan adanya korelasi dengan pria dan wanita tua."

Tapi para peneliti tidak menjelaskan mengapa kopi tidak mempengaruhi orang tua dengan cara yang sama. Kopi mengandung ribuan bahan kimia yang berbeda, yang dapat memiliki efek baik dan buruk pada kesehatan.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kopi merupakan sumber utama antioksidan dan dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak.

Di sisi lain, kopi ditemukan mampu merangsang pelepasan adrenalin, menghambat aktivitas insulin, meningkatkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar homosistein, zat kimia berbahaya yang terkait penyakit jantung dan demensia.

Dr. Carl Lavie, dari Ochsner Medical Center di New Orleans, mengatakan, "Efek kafein terus menjadi perdebatan. Beberapa laporan menunjukkan adanya toksisitas, tapi beberapa menyimpulkan adanya efek yang menguntungkan."

Namun peneliti lain di Inggris, Dr. Euaun Paul, Direktur Eksekutif Asosiasi Kopi Inggris, mengatakan faktor-faktor lain seperti merokok dan kurangnya berolah raga sebagian bisa menjelaskan kaitan terjadinya kematian dini.

"Ada semakin banyak data yang menunjukkan bahwa kopi sangat aman bila dikonsumsi dalam jumlah moderat. Bahkan, ada yang menyarankan kopi sebagai bagian dari diet seimbang," ujarnya. (kd)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024