Kawah Besar di Tengah Padang Pasir Arab Saudi

Kawah Al Wahba
Sumber :
  • arabnews.com

VIVAlife - Di tengah hamparan gurun pasir Arab Saudi, terdapat kawasan vulkanik dengan kawah berisi mineral berwarna putih, yaitu kawah Al Wahba. Terletak di 254 km dari Taif di tepi barat dataran tinggi Hafer Kishb, Arab Saudi, Al Wahba merupakan kawah berukuran paling besar di Timur Tengah.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dengan diameter dua kilometer, Al Wahba berada persis di bawah tebing dengan ketinggian 250 meter. Dasar kawah diselimuti kerak tebal terdiri dari mineral natrium fosfat berwarna putih menyilaukan.

Meski penampilannya seperti bekas hantaman meteorit menyerupai kawah Barringer, Wahba terbentuk dari aktivitas gunung berapi. Kontak antara magma cair dari dalam dengan air bawah tanah menghasilkan kawah-kawah. Di sisi lain kawah ini masih tertinggal sisa-sisa gunung berapi berupa bukit abu vulkanik.

Di masa lalu, area ini penuh dengan aktivitas vulkanik. Abu vulkanik bersemayam di bawah hamparan pasir yang merupakan sisa-sisa letusan gunung berapi. Dari udara, pengunjung masih dapat menyaksikan tanggul yang penuh dengan lava. Sementara di bagian utara kawah, dipenuhi pohon palem dan rerumputan hijau. (Sumber: Amusing Planet, Arabnews | umi)

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?
Pepaya

Heboh Aksi Pedagang Buang Puluhan Ton Buah Pepaya, Ternyata Ini Penyebabnya

Buah pepaya yang dibuang oleh pedagang ini diduga dalam kondisi masih layak untuk dikonsumsi dan ada juga yang sudah busuk, sehingga menumpuk diakses jalan depan los buah

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024