Eksotika Berau, Surganya Wisata Bahari Indonesia

Danau Labuan Cermin
Sumber :
  • facebook.com/pages/Danau-Labuan-Cermin-Kaniungan-Biduk-Bidu
VIVAlife
Gaza dan Sudan Terus Dilanda Konflik, Umat Muslim Tidak Bisa Merayakan Idul Fitri Seperti Biasa
- Mungkin tak banyak yang tahu keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Berau. Mungkin sedikit pula yang mengetahui dimana letak kota ini dengan berbagai macam potensi wisatanya.

Hasil Lengkap Pertandingan Pebulutangkis Indonesia di BAC 2024: Grego, Jonatan dan Ginting Ngamuk

Kabupaten Berau adalah kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. Keindahan wisata alam dan bahari tak kalah hebat dari kota lain seperti Raja Ampat dan Lombok.
Pesan Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto kepada Warga yang Mudik Lebaran


Salah satu pulau terkenal dan menjadi surga para penyelam adalah Pulau Derawan. Namun ternyata bukan hanya itu saja keindahan bahari yang dimiliki, ada Labuan Cermin.


"Spot wisata ini hanya ada dua di seluruh dunia. Pertama ada di Desa Biduk-buduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur dan kedua  di Meksiko," ujar Bupati Berau, Drs H. Makmur, dalam acara konferensi Pers Festival Budaya Kesultanan Berau, di Hotel Amos Cozy, Jakarta Selatan, Sabtu 24 Agustus 2013.


Labuan cermin adalah danau yang memiliki dua jenis air, ada air tawar dan air asin yang sangat jernih. "Saat melihat permukaan air, seperti melihat akuarium besar," jelas Makmur.


Layaknya kolam buatan, dibagian atas danau adalah air tawar. Ya, inilah yang dikatakan akuarium besar. Anda dapat melihat dengan jelas bebatuan khas akuarium buatan, hutan-hutan kecil, serta ikan-ikan yang berenang bebas. Sementara, dibagian bawah danau, ada air asin.


Danau Kakaban


Tak hanya itu, ada pula Danau Kakaban dengan luas sekitar lima kilometer persegi. Danau Kakaban adalah air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban dan bercampur dengan air dari dalam tanah, dan air hujan sejak dua juta tahun lalu.


Menariknya, danau ini hadir di tengah-tengah air laut. Dinding karang terjal setinggi 50 meter membuat air ini, di jaman prasejarah, mengakibatkan air laut terperangkap dan tak bisa keluar.


Di danau ini, hidup sejumlah biota laut yang menganggumkan, seperti segerombolan ikan karang, barakuda, dan ubur-ubur. Diakui salah satu artis tanah air yang pernah diving di tempat ini, Olivia Zalianty, danau tersebut sangat indah dan aman.


"Ketika berenang atau menyelam, ubur-ubur yang hidup sama sekali tak mengengat, sehingga tak menimbulkan rasa gatal ketika berada di dekatnya," katanya antusias.


Wajar kalau akhirnya tempat ini menjadi salah satu surga bagi para wisatawan, khususnya Eropa. Namun yang harus diketahui dan patut dibanggakan, tempat seperti Kakaban, hanya ada dua diseluruh dunia.


Danau Ubu-ubur Palau, Kepulauan Micronesia, di kawasan Tenggara Laut Pasifik dan di Kalimantan Timur, yaitu Danau Kakaban.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya