VIDEO: Mengubah Ampas Kopi Jadi Media Tanam

Rahasia Manfaat Ampas Kopi
Sumber :

VIVAlife - Di Inggris, setiap hari terdapat ratusan ton ampas kopi yang terbuang sia-sia ke tempat sampah. Sebuah perusahaan jamur yang sedang berkembang memiliki solusi jitu untuk mengatasi masalah tersebut.

Tesla Siap Luncurkan Taksi Tanpa Sopir Tahun Ini

Perusahaan ini, seperti ditayangkan tvOne, menjadikan ampas kopi sebagai media tanam untuk menumbuhkan jamur. Pertama, ampas kopi dicampur dengan sekam yang ditumbuhi jamur. Kemudian campuran tersebut ditempatkan di ruang gelap selama kurang lebih satu bulan.

Jamur lalu dipindahkan dan disirami selama dua kali dalam sehari. Dalam waktu dua pekan, jamur sudah tumbuh dan siap dipanen. Jenis jamur yang dapat tumbuh di media ampas kopi adalah jamur tiram yang biasa tumbuh alami bersama pohon. Nutrisi yang biasanya terdapat pada pohon ternyata juga ditemukan dalam ampas kopi.

Dengan menjadikan ampas kopi sebagai media tanam, perusahaan ini telah berkontribusi dalam mengurangi sampah ampas kopi, sekaligus mengurangi emisi gas metanol. Selain itu media tanam itu juga lebih murah karena mengurangi biaya operasional perusahaan.

Lihat videonya .

Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Pj Gubernur Sumsel Gandeng Kadin Percepat Realisasi Program Gerakan Serentak

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni menilai kerja sama dan sinergitas antara Pemda dengan Kadin sangatlah penting.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024