Gorengan Tak Selamanya Buruk, Asal...

Ayam goreng tepung
Sumber :
VIVAlife - Umumnya, orang beranggapan bahwa menggoreng adalah cara pengolahan makanan yang kurang sehat dibanding dengan merebus, memanggang, dan mengukus. Hal tersebut diyakini karena penggunaan minyak berlebih yang mampu meningkatkan kadar kolesterol buruk. Meski begitu, anggapan tersebut tak selamanya benar.
Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

"Menggoreng termasuk salah satu cara memasak yang sehat asal Anda melakukannya dengan tepat," ucap Chef Arnold Poernomo pada VIVAlife.
Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

Chef juri Masterchef Indonesia Season 2 tersebut menjelaskan bahwa sebenarnya, menggoreng makanan seperti udang, ayam atau yang lain dengan membalutnya dengan tepung, hampir sama dengan mengukus.
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"Dengan menggoreng makanan dengan minyak, dimaksudkan untuk membuat bagian luar yang diberi tepung menjadi renyah, dan bagian dalam tetap lembut dan matang karena uap," jelasnya.

Menurut Arnold, trik menggoreng makanan agar tetap sehat adalah dengan menggunakan minyak rendah kolesterol seperti minyak bunga matahari atau minyak canola. Selain pilihan minyak, terapkan juga cara berikut:

Tepung jangan tebal

Saat membaluri tepung pada bahan utama, jangan menggunakan terpung terlalu banyak. Lapisan tepung yang terlalu tebal bersifat seperti sponge yang menyerap minyak sehingga gorengan akan mengandung banyak minyak.

Temperatur minyak harus tepat

Sebelum menggoreng, pastikan minyak dalam penggorengan sudah cukup panas. Hal ini dimaksudkan agar waktu menggoreng tidak terlalu lama. Cukup menggoreng untuk membuat bagian luar berwarna cokelat keemasan agar bagian dalam tidak terlalu matang.

Kombinasikan dengan sayur dan buah

Jika Anda ingin menyantap gorengan dengan lebih sehat, kombinasikan gorengan dengan konsumsi sayur dan buah. Anda dapat berkreasi dengan bahan-bahan segar untuk membuat hidangan pendamping seperti salad. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya