Online Terus, Waspadai Bahayanya

Anak bermain laptop.
Sumber :
  • digitaltrends.com
VIVAlife - Teknologi menjadi bagian akrab kehidupan manusia. Kemajuan ini bahkan sudah menyihir semua generasi, di hampir setiap waktu. Satu hal yang jamak dilakukan adalah memboyong gadget ke tempat tidur. Termasuk Anda?
Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Sebuah survei di Inggris mengungkap, sebagian besar warga Inggris berada di atas tempat tidur sambil online dengan gadget kesayangan. 
Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Dalam survei tersebut, diketahui 24 persen orang mengaku kecanduan memeriksa email dan media sosial. 21 persen masih online, karena takut kehilangan momen. Semua mereka lakukan ketika mereka berada di atas tempat tidur, sebelum tidur. 
Pj Gubernur Agus Fatoni Sampaikan 6 Raperda Sumsel di Depan DPRD, Apa Saja?

Kecanduan menggunakan gadget untuk online ini dinyatakan mengganggu kualitas tidur oleh para peneliti. Dalam survei, sebanyak 60 persen orang juga mengaku kerap terbangun sepanjang waktu tidurnya.

Penyebabnya: Cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat smartphone atau tablet, meniru cahaya di siang hari yang dapat menekan produksi zat kimia otak, melatonin, sehingga membuat seseorang sulit untuk memejamkan mata. 

"Teknologi memang membuat kita terhubung baik dengan orang lain. Akan tetapi ini dapat menjadi pertempuran baru, saat kita harus mematikannya di malam hari," kata direktur Edinburgh Sleep Center Dr Chris Idzikowski, seperti dikutip Daily Mail. 

Idzikowski menambahkan, untuk menjaga kesehatan, satu jam sebelum tidur Anda disarankan untuk mematikan gadget apapun yang berbasis layar.  (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya