Gairah Festival Nusantara Sepanjang September (I)

kepulauan derawan
Sumber :
  • derawanarchipelago.ccom

VIVAlife - September ceria. Tampaknya idiom itu memang benar adanya. Terbukti, meski bukan bulan yang umum untuk berlibur, ada sederet kegiatan mengasyikkan sepanjang bulan ini.

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Berbagai festival, dari Sabang sampai Merauke, bakal menjamu para wisatawan yang datang berkunjung pada bulan September.

Menariknya, masing-masing festival menyuguhkan kekayaan alam dan budaya Indonesia. VIVAlife mencoba merangkum beberapa festival yang patut disambangi pada bulan ini.

Festival Danau Toba

Pesona Danau Toba memang tak ada matinya. Tahun ini, festival itu digelar pada 8-14 September di Pulau Samosir, tepatnya Pantai Wisata Batu Hoda. Berbagai kegiatan di bidang seni, budaya, kuliner, hingga olah raga tradisional menyemarakkan acara yang telah digelar sejak 1980-an itu.

Misalnya, festival bercerita, bersenandung, hingga fashion show ulos. Ada pula berbagai aktivitas fisik seperti berenang, menyelam, petak umpet, serta bersampan mengelilingi Danau Toba. Sambil mengikuti kegiatan yang mengangkat budaya Batak itu, pengunjung juga bisa menikmati alam yang menakjubkan.

Festival Derawan

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Bagi pencinta wisata bahari, Festival Derawan merupakan destinasi wajib. Pengunjung akan diajak menikmati keindahan laut dengan 400 spesies karang dan 500 jenis ikan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Sebenarnya, grand launching kegiatan ini sudah sejak 24 Februari lalu. Ada dua kegiatan besar di bulan yang berbeda.

Pertama, live aboard dan diving tournament yang dilangsungkan pada 21-30 Juni. Kedua, ada rangkaian kejuaraan layar dan selancar angin, reli kapal pesiar, pawai budaya, pameran, hingga pentas seni budaya pada 5-20 September mendatang.

Sail Komodo

Festival yang satu ini gaungnya semakin terdengar tak hanya di dalam negeri. Sail Komodo mengajak ratusan yacht dari puluhan negara berlayar mengelilingi Indonesia melalui yacht rally, kegiatan inti festival ini. Tahun ini, pelepasan lebih dari seratus yacht sudah dilakukan sejak Agustus lalu.

Mereka akan berhenti di tiap titik yang ditentukan. Di antaranya Pulau Timor, Pulau Buru, Morotai, Wakatobi, Flores, dan berakhir di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Di masing-masing titik, ada festival budaya yang bisa dinikmati peserta reli.

Puncak acara Sail Komodo bakal berlangsung 14 September mendatang. Dikabarkan, 25 duta besar dari berbagai negara akan hadir di acara itu. Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pun akan datang dan menginap di rumah bupati Manggarai Barat. (art)

Bersambung...

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024