Pasangan Enggan Bercinta? Ini Alasannya

Pasangan kehilangan gairah bercinta
Sumber :
  • news.com.au

VIVAlife - Hubungan intim bukan hanya dilakukan demi tujuan reproduksi. Dalam buku Good Vibration: Uncovering the Health Benefits of Sex karya Christine Haran, bercinta terbukti efektif membangkitkan mood dan membuat tidur lebih berkualitas. Beberapa pasangan bahkan bercinta untuk meredam stres.

Meski memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan mental, ada kalanya pasangan enggan diajak bercinta. Seperti dilansir laman Huffington Post, berikut lima alasan seorang wanita enggan berhubungan intim dengan pasangannya.

Ibu Baru

Kubu Ganjar-Mahfud Tidak Terima Gugatannya ke MK Disebut Salah Sasaran oleh KPU

Suami harus bisa memahami kondisi wanita yang baru melahirkan. Umumnya, mereka akan enggan diajak bercinta. Menurut Laurie Mitz, profesor psikologi konseling dari University of Florida itu disebabkan adanya perubahan hormonal (kadar estrogen) pasca melahirkan.

Selain itu, energi mereka juga sudah terkuras. Jam tidur kurang lantaran harus selalu terbangun untuk mengurus anak. Kecemasan juga mulai muncul karena merasa tak percaya diri pada bentuk tubuh yang melar.

Obat

Ada beberapa obat-obatan yang dapat menurunkan gairah seksual. Sebuah penelitian menunjukkan, alat kontrasepsi hormonal dapat mengubah fungsi seksual lebih dari seribu wanita. Obat lain seperti antidepresan turut memengaruhi kehidupan seks wanita.

Menopause

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Lagi-lagi penyebabnya adalah perubahan hormon dalam tubuh. Saat menopause terjadi, produksi hormon estrogen turun. Hormon estrogen yang rendah dapat menjadi penyebab menurunnya gairah seksual.

Gangguan Kelenjar Tiroid

Ini merupakan salah satu kondisi yang tak disadari pria. Jika hasrat seksual pasangan mendadak ‘mati’, bisa jadi itu karena gangguan kelenjar tiroid. Tiroid merupakan hormon yang dapat menurunkan gairah seks dan mengatur metabolisme tubuh.

Vagina Kering

Yusril Sebut Gugatan 03 Buat Adegium 'Vox Populi Vox Dei' Kehilangan Makna

Kondisi ini jamak terjadi pada wanita menyusui dan menopause. Penurunan kadar hormon estrogen menyebabkan wanita kehilangan cairan lubrikasi pada organ intim mereka. Mereka menolak bercinta karena merasa nyeri dan mengalami pendarahan sesudahnya.

Ketua MK Suhartoyo, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Momen Ketua MK Semprot Kuasa Hukum KPU yang Puji-puji Hasyim Asy'ari

Menurut kuasa hukum KPU, meski nama Hasyim Asyari disangkutpautkan dengan banyak dugaan pelanggaran tapi proses Pemilu 2024 tetap berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024