Kostum Karya Desainer Indonesia Melenggang ke Shanghai

Kostum biota laut
Sumber :
  • Dok. Joko SSP

VIVAlife - Desainer asal Solo, Joko SSP didapuk sebagai perancang kostum untuk kontingen Indonesia di Shanghai Tourism Festival, pada 12-14 September 2013 mendatang. Kali ini, Joko mengusung biota laut untuk tema kostum karnaval. 
 
"Jadi maksudnya tema biota laut ini untuk mengangkat promosi pariwisata laut di Indonesia," ujar Joko kepada VIVAlife, Rabu, 4 September 2013.
 
Dalam merancang kostum ini, ia terinspirasi dari wisata biota laut yang ada di Indonesia, seperti Lombok, Bali, Papua, dan Karimunjawa. Kostum hasil rancangannya juga akan disesuaikan dengan karakteristik daerah-daerah tersebut.
 
"Misal nanti Bali kental dengan kainnya, lalu kita eksplorasi menjadi kostum karnaval dengan tambahan replika biota laut," ucapnya.

Kostum karya Joko didominasi dengan warna-warna cerah. Ia pun tak lupa memberikan sentuhan biota laut, seperti terumbu karang, rumput laut, dan ikan.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

"Nanti pokoknya seperti akuarium berjalan," kata dia .
 
Rencananya Joko akan membawa 40 kostum untuk acara Shanghai Tourism Festiva. Kostum tersebut terdiri dari 20 baju biota laut dan 20 baju modifikasi Nusantara.

"Kostum akan diperagakan oleh mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di Shanghai. Kostum sengaja dibuat simpel karena jarak tempuh rute karnaval sangat panjang sekitar 4 kilometer," ucapnya. (adi)

Kemenag Pastikan 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Indonesia Sudah Terbit
Perumnas teken nota kesepahaman dengan Telkomsel [dok. Humas Perum Perumnas]

Strategi Perumnas Gandeng Telkomsel Sasar Pasar Hunian bagi Milenial dan Gen-Z

Perum Perumnas menggandeng Telkomsel untuk menjangkau pasar hunian milenial dan gen-Z.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024