FOTO: Desain Unik Rumah Mungil di Jepang (II)

Rumah Mungil di Jepang
Sumber :
  • designboom.com

VIVAlife - Terbatasnya lahan dan mahalnya harga rumah mendorong sejumlah arsitek di Jepang mendesain rumah-rumah mungil. Rumah-rumah dengan desain unik ini tak dibangun ke samping, melainkan bertingkat ke atas.

Lihatlah rumah mungil dengan desain unik di Jepang ini.

5. House & Garden

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Rumah Mungil di Jepang

Bagi Anda yang memiliki hobi berkebun bisa mengambil inspirasi dari rumah bernama House & Garden. Ya, setiap lantai dari rumah karya arsitek, Ryue Nishizawa tersebut, dihiasi dengan tumbuhan  hijau yang ditanam di dalam pot.

Lokasi rumah ini terselip di antara bangunan-bangunan besar di Kota Tokyo. Namun, desainnya yang unik membuat rumah ini tampak menonjol dibandingkan gedung-gedung di sekitarnya.

Seperti dilansir laman Designboom, rumah tersebut terdiri dari empat lantai yang dihubungkan dengan tangga melingkar. Selain menggunakan beton dan kaca sebagai partisi, rumah ini juga menggunakan tirai untuk memberikan privasi bagi sang pemilik.

6. The House with the Big Gap

Rumah Mungil di Jepang

Rumah karya arsitek Osamu Nishida dan Naoko Mangyoku ini sangat unik. Dengan luas sekitar 30 meter persegi, rumah yang berlokasi di Tokyo itu, terbagi dua dengan lorong panjang di bagian tengah.

Setiap ruangan di rumah tersebut bisa dikatakan sangat sempit dan hanya muat untuk beberapa orang. Tengok saja kamar mandi yang lebarnya tak lebih dari satu meter. Meski demikian kamar mandi ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap, seperti bathtub.

7. Lucky Drop House

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti


Rumah Mungil di Jepang

Berbicara soal penggunaan material dan pemanfaatan ruang, rumah karya  Yasuhiro Yamashita ini bisa dikatakan sebagai sebuah masterpiece. Sang arsitek dengan cermat menggunakan baja sebagai kerangka rumah dan bahan semipermeabel yang memungkinkan sinar matahari masuk, namun tetap menjaga privasi penghuni rumah.

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel

8. The Split House


Rumah Mungil di Jepang

Lahan yang terbatas tak menghalangi kehadiran taman kecil di dalam rumah. Intip saja rumah rancangan arsitek Atelier Bow-Wow ini. Meski dibangun di atas lahan seluas 64,62 meter persegi, rumah yang terletak di Shinjuku, Tokyo tersebut, memiliki sebuah taman kecil.

Taman berada di tengah-tengah, memisahkan bagian depan dan belakang rumah. Keberadaan taman kecil itu pun memungkinkan cahaya alami masuk ke dalam rumah.

9. 63,02°

Rumah Mungil di Jepang

Nama 63,02° dipilih bukan tanpa alasan. Posisi bangunan diketahui cenderung mengarah 63,02 derajat menuju jalan depan. Seperti dilansir laman Schemata, bangunan yang bisa disewa sebagai apartemen atau small office/home office (SOHO) tersebut dirancang oleh arsitek bernama Jo Nagasaka dan Toshiharu Ono.


Lihat foto-foto selengkapnya di . (eh)

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya