« Kembali
Pilihan Makanan Pembuka Tentukan Suksesnya Diet
Pilihlah salad dibanding garlic bread.
Rizky Sekar Afrisia, Marlina Irdayanti
Kamis, 5 September 2013, 19:22 WIB
Salad sebagai makanan pembuka baik untuk diet.  
Salad sebagai makanan pembuka baik untuk diet.  

VIVAlife - Undangan makan malam terdengar sangat menggiurkan. Namun, seringkali wanita tak bisa mengontrol hasrat makan karena rupa-rupa menu yang menggoda selera. Padahal, hampir semua makanan itu mengandung banyak kalori dan lemak. Diet pun terancam gagal.

Ternyata, ada cara mudah mengontrol berat badan meski undangan makan malam mengantre. Sederhana, pastikan menu makanan pembuka mengandung banyak serat. Buah atau salad dapat menjadi pilihan tepat.

Mengutip laman Women’s Health Mag, salad dan buah dapat mengurangi porsi dan hasrat makan jika dikonsumsi saat perut kosong. Ini terbukti dalam sebuah penelitian yang dilakukan University of Leeds, Inggris. Sebanyak 13 responden yang dilibatkan, diberi dua jenis makanan yang mengandung seratus kalori.

Satu berupa salad, dan satu lagi garlic bread. Setelah itu, responden disajikan pizza sebagai makanan utama. Hasilnya, responden yang memilih salad sebagai makanan pembuka hasrat makannya menurun. Mereka mengonsumsi kalori 21 persen lebih sedikit.

Sebaliknya, responden yang memilih garlic bread sebagai makanan pembuka justru mengonsumsi kalori 21 persen lebih banyak.

Apa sebab? Memulai makan dengan makanan sehat yang kaya serat dan air, akan membuat perut terasa penuh. Pada hidangan berikutnya, makanan yang dikonsumsi pun lebih sedikit.
 
Nicola Buckland, PhD, pelaku penelitian itu menambahkan, makan sayuran segar sebelum makan juga mengingatkan pada tujuan menurunkan berat badan. Selain itu, sayur dan buah segar menstimulasi semangat memilih menu makanan yang lebih sehat.

Kini, tak perlu takut lagi menghadapi undangan pesta maupun makan malm romantis bersama pasangan.
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id