« Kembali
Jurus Diet "Shaolin" Deddy Corbuzier
Dapat ilham dari mantan biksu. Ia hanya makan sekali sehari.
Lutfi Dwi Puji Astuti, Shalli Syartiqa
Jum'at, 6 September 2013, 16:45 WIB
Deddy Corbuzier (http://www.goodpaste.net)
Deddy Corbuzier (http://www.goodpaste.net)

VIVAlife - Deddy Corbuzier. Menyebut nama ini, banyak yang mengingatnya sebagai magician dengan prestasi hebat. Ya, Deddy memang mengantongi penghargaan skala internasional, Merlin Awards sebagai pemenang International Best Mentalist of The Year 2010.

Sebagian yang lain mungkin juga lebih mengingat penampilannya. Magician bertubuh tinggi besar dengan karakter misterius. Benar. Tapi itu dulu.
Sejak tahun 2009 pria bernama asli Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo ini mulai mengubah penampilannya.

Ia mencukur habis rambutnya, ia mulai menanggalkan riasan hitam pada matanya, dan ia juga mengecilkan tubuhnya. Kini, penampilannya jauh lebih menarik. Tak ada kesan angker karena ia kini lebih banyak menyunggingkan senyum. Tubuh besarnya bermetamorfosis menjadi lebih ideal dan berotot.

Menyoal penampilannya yang berubah, Deddy punya cerita sendiri. Rupanya saat remaja, pria kelahiran 28 Desember 1976 ini kerap menjadi bahan olokan karena tubuhnya yang tambun. Di Usia 21 tahun, ia bahkan pernah memiliki bobot tubuh 100 kilogram.

Bagaimana ia "berganti kemasan", pada VIVAlife Deddy membagikan cerita.

Obsessive Corbuzier's Diet

Diakui Deddy, ia terlahir dengan tipe tubuh endomorph. Yakni tubuh dengan karakter gempal dan besar. Tipe ini juga memiliki persentase lemak tinggi, ukuran sendi tangan lebar, ukuran tangan dan kaki pendek bahkan paha dan pinggang yang lebar.
 
"Hanya orangtua saja yang mengatakan saya keren," kata Deddy.

Demi mendapat predikat keren yang sebenarnya, Dedy mengambil jalan cepat. Memfilter makanan dengan hanya mengonsumsi nasi merah dan dada ayam tanpa bumbu.

Bagi sebagian orang, pola diet ini merupakan cara tepat dan sehat menurunkan berat badan. Tapi tidak untuknya. Ia gagal.

"I love to eat and i looove to eat," ujarnya.

Tak patah arang, di pertengahan tahun 2013 ia menciptakan metode diet sendiri. Ia menamakan diet itu Obsessive Corbuzier's Diet atau OCD. Diet berbasis teknik Intermittent Fasting yang menggabungkan latihan High Intensity Interval Training (HIIT).

Diet ini sukses. Terbukti dengan bentuk tubuhnya yang berubah cepat. Lebih kekar. Diet ini juga yang kini banyak diperbincangkan dan tiru khalayak. Selengkapnya tentang metode OCD baca melalui tautan ini.

Berguru Pada Sopir

Dari mana menemukan pola diet ini? Deddy mengaku mendapatkannya lima tahun lalu. Ketika ia pergi ke Hong Kong untuk mengambil sertifikat instruktur bela diri. Satu minggu di sana, satu minggu pula ia "menghabiskan" waktu di Hong Kong dengan berkeliling menggunakan mobil sewaan, lengkap dengan sopirnya.

Tiga hari bersama, Deddy baru mengetahui bahwa usia si bapak sopir ini sudah 70 tahun. Mendengar angka tersebut Deddy tak percaya. Wajah dan perawakanya lebih mirip orang berusia 40 tahun.

"Saya nggak percaya, kemudian saya tanya bagaimana dia bisa mendapatkan itu," ujar Deddy yang kini lebih banyak tampil sebagai presenter.

Si bapak sopir yang mantan biarawan Shaolin di China itu pun membocorkan resep awet mudanya. Puasa dengan hanya makan satu kali sehari. Tapi Deddy menganggap cara itu tak masuk akal. Empat hari dia belajar, dan memikirkan cara puasa itu.

"Namun setelah saya pulang ke Indonesia ide ini lenyap begitu saja. Saya masih kembali berkutat ke diet lama saya dan kebodohan yang sama. Yaitu tidak mau mengambil risiko untuk mencoba hal yang baru."

Sampai pada akhirnya, mantan suami Kallina ini harus mengisi sebuah acara televisi yang mewajibkannya bertelanjang dada. Ia stres, karena sadar tubuhnya tak seperti Ade Rai.
 
"Lalu saya teringat dengan apa yang saya pelajari dari sopir taksi tersebut."

Pria berkepala pelontos ini kemudian mencari referensi soal puasa yang dilakukan sopir itu. Satu bulan kemudian ia baru yakin bahwa puasa itu benar adanya dan dapat diterapkan.

"Dan saya mencobanya. Here I am with eight packs stomach and going younger and stronger! Bigger with muscle. Jadi ini basic-nya balik ke zaman dulu banget. Dan orang-orang zaman dahulu makan sehari hanya sekali, karena mereka berburu."

Wabah OCD

Dengan penampilannya sekarang yang hanya berbobot 71 kilogram, Deddy mengatakan banyak orang yang menyukai. Dedy pun merasa lebih nyaman dan percaya diri.

Terkait hal ini, Deddy bercerita bahwa banyak teman-teman seprofesi yang ingin mengikuti jejak dietnya itu. Sebut saja penyanyi cantik Vicky Shu, Olla Ramlan, Sarah Sechan, Ciko Jericho, bahkan Irgi Fahrezi.

"Semua menjalani ini dan berhasil."

Dari pengalaman ini, terbersit keinginan untuk terus menularkan diet ini pada skala lebih besar. Tak hanya di lingkup selebriti, tapi diet ini juga bisa dilakukan masyarakat luas.
 
Deddy lalu merangkum metode diet itu dan menuangkan pada situs pribadi yang dapat diakses secara gratis. Readyforfit.com nama situs itu.

Tak disangka dalam waktu singkat, situs tersebut telah dikunjungi lebih dari tujuh juta orang. Mereka mengunduh cara diet dan lalu menerapkan.

"Yang mau pasang iklan juga sudah banyak banget. Yang toko buku minta diterbitin juga banyak. Tapi semua saya tolak. Dan ini saja sudah jadi kontroversi, begitu gue jual, ya nanti gue dibilang jualan."

Deddy menegaskan bahwa dirinya hanya ingin membagikan cara hidup sehat. Sama seperti tujuan dietnya: ingin tetap sehat agar bisa bermain bersama anaknya yang kini berusia tujuh tahun.

"Saya sendirian, anak saya lebih sering ikut sama saya. Dan di usia saya yang hampir 40 tahun ini, saya masih ingin bermain sama anak saya. Lari-larian keliling komplek, masih kuat menggendongnya," ujarnya. 
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id