Usir Komedo dengan Lima Bahan Alami

Ilustrasi hidung penciuman
Sumber :

VIVAlife - Polusi udara, kelembaban, serta gaya hidup yang tidak sehat dapat mempengaruhi keadaan kulit sehingga merangsang kelenjar minyak menjadi lebih aktif. Hal inilah yang menyebabkan komedo di wajah, terutama di bagian hidung. Sebab, komedo berkembang saat pori-pori kulit tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran dan minyak berlebih.

Selain hidung, komedo juga sering terlihat di area dagu dan dahi karena daerah tersebut memproduksi kelenjar minyak lebih banyak. Karena itu, membersihkan wajah setiap hari sangat penting untuk mencegah kotoran dan sel-sel kulit mati, menyumbat pori-pori Anda.

Terkuak! Kedermawanan Babe Cabita Diam-diam Beli Baju untuk Anak Panti Asuhan

Selain facial, ada beberapa cara yang lebih baik untuk menghilangkan komedo. Berikut bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir komedo seperti dikutip Boldsky.

1.Gandum

Campur gandum dengan susu, lalu gunakan bahan tersebut untuk memijat wajah Anda. Masker ini bisa menghilangkan komedo dan membantu pengelupasan kulit mati.

2. Lemon

Sekjen PDIP soal Teman Megawati di Open House: Yang Tunjukkan Komitmen Indonesia Bukan Bagi Keluarga

Membersihkan komedo bisa dilakukan dengan bantuan lemon. Pijat wajah dengan irisan lemon, terutama pada bagian hidung, dahi, dan dagu. Lemon tidak hanya dapat membantu mengelupas kulit mati, lemon juga berguna sebagai pemutih alami.

3. Kulit jeruk

Baterai Baru BYD Siap Menggebrak Pasar Otomotif

Keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari, gilng hingga menjadi bubuk halus dan campur dengan susu dan madu. Gunakan bahan tersebut untuk menggosok wajah Anda dan biarkan hingga kering.

4. Telur

Kocok telur dan tambahkan beberapa tetes madu, lalu aduk hingga merata dan oleskan pada wajah. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air dingin untuk menghilangkan komedo secara alami.

5. Pepaya

Haluskan pepaya matang, lalu tambahkan susu dan madu. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kering. Setelah itu bilas dengan air. Buah ini dianggap menjadi bahan yang efektif untuk menghilangkan komedo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya