FOTO: Gua Terbesar di Dunia, Penyimpan 'Miniatur Semesta'

Son Doong, Gua Terbesar di Dunia
Sumber :
  • huffingtonpost.com
VIVAlife
Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat
- Hobi menikmati keindahan alam? Kalau pantai dan gunung sudah terlalu biasa, Anda bisa mencoba berkunjung ke Son Doong di Vietnam. Bersiaplah untuk takjub, karena Anda akan menyaksikan sebuah surga tersembunyi.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Son Doong merupakan gua terbesar di dunia. Panjangnya lebih dari 5,5 mil. Tingginya setara gedung pencakar langit dengan 40 lantai. Hutan, sungai, bahkan air terjun muat di dalamnya. Keindahannya tak perlu ditanyakan lagi. Son Doong hadir ibarat sebuah miniatur semesta.
Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia


Gua itu baru ditemukan sekitar tahun 1991. Saat seorang penduduk lokal tak sengaja melihat pintu masuknya. Karena terlalu curam, ia urung masuk. Alhasil, Son Doong baru disusuri secara sempurna oleh seorang penjelajah gua asal Inggris, tahun 2009.


Akhirnya, seluruh keindahan gua terbesar di dunia itu pun terungkap. Lihat surga tersembunyi itu melalui ini.


Pertama masuk, Anda akan disambut hamparan lumut lembut yang menyelimuti dasar gua, seakan menjadi lantainya. Selanjutnya, ada sungai tenang yang dinaungi eksotisme dinding gua. Di sisi lain, tersedia sebuah hutan mungil. Lengkap dengan rimbun semak dan monyet yang berlompatan.


Penjelajah juga menemukan bagian cekung yang ‘memancarkan sinar’ seperti mutiara. Itu terbentuk karena sejak ratusan tahun air menetes, mengering, lalu meninggalkan lapisan Kristal pada butiran pasir. Tak hanya itu, ada pula bebatuan yang menjulang bak menara di tengah gua.


Peneliti yang saat itu ikut menjelajah, juga menemukan tetumbuhan langka di sekitar Son Doong.


Rencananya, Son Doong akan dibuka untuk publik mulai tahun depan. Sebuah perusahaan wisata menawarkan sensasi menikmati surga tersembunyi yang berisi miniatur semesta itu selama enam hari. Kemungkinan, biayanya sekitar tiga ribu dollar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya