Studi: Duduk Sepanjang Hari Bisa Sebabkan Depresi

Bekerja lama di depan layar.
Sumber :
  • http://static.republika.co.id
VIVAlife
Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat
- Tak perlu diperdebatkan, duduk terlalu lama memang tak baik untuk kesehatan. Lebih dari itu, duduk sepanjang hari ternyata juga bisa menyebabkan depresi. Kesimpulan itu didapat dari penelitian Victoria University dan University of Queensland soal hubungan waktu duduk dan kesehatan mental.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Penelitian yang dipublikasikan melalui
Istri Kena Tuduhan Korupsi, PM Spanyol Bersiap Mengundurkan Diri
American Journal of Preventive Medicine itu melibatkan lebih dari delapan ribu wanita berusia 50 sampai 55 tahun. Mereka harus menjawab survei pada tahun 2001, 2004, 2007, dan 2010. Para peneliti mencatat gejala depresi dan tingkat aktivitas fisik.


Para responden dikelompokkan berdasarkan seberapa banyak mereka menghabiskan waktu untuk duduk setiap harinya. Hasilnya, mengutip laman
Huffington Post
, wanita yang duduk lebih dari tujuh jam sehari berisiko depresi 47 persen lebih tinggi dibandingkan yang hanya duduk empat jam sehari.


Lebih parah lagi, wanita yang terlalu lama duduk dan tidak melakukan aktivitas fisik atau berolah raga. Mereka berisiko 99 persen terserang depresi.


Sebelumnya, sebuah penelitian yang dilaporkan
The Telegraph
juga menghasilkan fakta yang tidak jauh berbeda. Kali ini, penelitian melibatkan 25 ribu responden. Mereka yang duduk di depan komputer lebih dari lima jam sehari mengaku mengalami depresi dan kecemasan.


Jika memang duduk sepanjang hari berkaitan dengan pekerjaan, sebaiknya selingi dengan aktivitas fisik. Misalnya, berjalan-jalan sejenak saat istirahat. Imbangi pula dengan olah raga serta konsumsi makanan yang menyehatkan. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya