Ahmad Dhani: Kecelakaan Dul Juga Tanggung Jawab Negara

Kondisi mobil yang terlibat kecelakaan maut di KM 8 Tol Jagorawi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAlife - Abdul Qodir Jaelani alias Dul ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kecelakaan maut di Tol Jagorawi pada Minggu dini hari, 8 September 2013. Insiden maut itu menewaskan enam orang dan beberapa lainnya luka berat. Dul yang baru berusia 13 tahun itu pun terancam hukuman enam tahun penjara.

Bukan hanya Dul, ayahnya, Ahmad Dhani, juga terancam dijerat pidana melalui UU Perlindungan Anak. Dhani bisa dianggap lalai dan melakukan pembiaran anaknya yang masih di bawah umur itu mengendarai mobil. Ancaman hukuman untuk kelalaian ini adalah lima tahun penjara.

Bos 'Republik Cinta' itu mengaku pasrah atas status hukum putra bungsunya itu, maupun yang mungkin bakal menjeratnya nanti. Dhani mengatakan dia akan mengikuti proses hukum yang berlaku.

"Saya jalani saja. Tanggung jawab atas musibah yang terjadi semua saya jalani," kata Ahmad Dhani saat diwawancarai tvOne, Senin malam, 9 September 2013.

Kendati begitu, mantan suami Maia Estianty itu menilai tragedi itu bukan semata tanggung jawab orang tua. Menurut Dhani, negara juga harus turut bertanggung jawab. "Misalnya kalau ada petugas Jasa Marga melihat ada anak kecil mengendarai mobil, kan seharusnya melapor polisi," ujar Dhani.

"Kita sebaiknya semua introspeksi, agar semua ini tidak terjadi lagi. Bagaimana pemerintah menertibkan jalan, supaya ini tidak hanya menjadi tanggung jawab orangtua saja," katanya.

Saat ini, kata Dhani, Dul telah sadarkan diri. Namun, dia belum sepenuhnya pulih. Sebelumnya, Dul menjalani operasi di sejumlah bagian tubuhnya karena mengalami patah tulang dan pendarahan di perut. "Saya kemarin lihat operasinya, sudah selesai tapi masih butuh observasi selama seminggu ini," ucap Dhani.

Dhani menyatakan dia berkomitmen untuk menyantuni dan menanggung biaya pemulihan bagi korban yang terluka. Sedangkan bagi yang meninggal dunia, dia akan menjadi bapak asuh bagi anak-anak mereka dan membantu biaya sekolah mereka sampai selesai. (kd)

Otto Hasibuan Sebut Gugatan Sengketa Pilpres Anies dan Ganjar Sebuah Kemunduran
Gelandang Manchester City, Rodri

Declan Rice: Rodri Salah Satu Pemain Terbaik di Dunia

Declan Rice memberi pujian untuk Rodri jelang pertandingan antara Manchester City vs Arsenal di Etihad Stadium dalam lanjutan Premier League, Minggu malam WIB 31 Maret.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024