Langsing Cara Baru, Boleh Makan Malam Sepuasnya

Ilustrasi Sayur
Sumber :
  • REUTERS/Mike Blake/Files
VIVAlife - Menjalani program penurunan berat badan dengan larangan makan malam? Ini memang cara ampuh menghilangkan sebagian berat badan, tapi apakah rasa tersiksa juga lantas hilang. Seorang penulis buku kesehatan, Mark Bittman memberikan cara diet yang lebih mudah dilakukan.
Uang Pangkal Melonjak Drastis, Prodi Kebidanan di UNS dari Rp25 Juta Jadi Rp125 Juta

Cara diet itu diberi nama VB6. Singkatan Vegan before 18:00, yaitu cara diet yang mengharuskan Anda menjadi vegetarian selama seharian penuh, dan boleh makan apa saja setelah pukul enam sore. 
2NE1 Rayakan Anniversary Debut ke-15 Tahun, Bagikan Foto Fullteam!

Mark mengklaim bahwa cara diet ini bisa membuat mimpi Anda untuk bebas makan apa pun saat malam hari menjadi nyata. Pria berusia 63 tahun ini, mengatakan bahwa dia telah kehilangan 15 persen dari berat tubuhnya dan terselamatkan dari risiko diabetes.
Rupiah Melemah Tipis usai Rilis Data Klaim Tunjangan Pengangguran AS

Setelah berhasil melakukan diet tersebut, Mark menuliskan trik dietnya dalam sebuah buku, yang bahkan menjadi buku terlaris selama musim panas di Inggris.

Menjadi vegetarian mulai pagi hingga pukul 18.00, artinya Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi produk-produk makanan hewani. Anda hanya diperbolehkan makan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang tinggi serat serta nutrisi.

Setelahnya, Anda diperbolehkan untuk makan apa pun. Cara flexitarian atau semi vegetarian ini, menurut Mark, merupakan kompromi bagi Anda yang ingin sehat, tetapi tidak menghilangkan keinginan untuk mengonsumsi makanan hewani.

Mark melakukan diet ini sejak tujuh tahun lalu, setelah dokter mengatakan bahwa dia menderita pra diabetes. Dengan kolesterol dan gula darah yang tinggi, ia diminta untuk mengurangi makanan yang tidak sehat. 

"Strateginya adalah akal sehat. Jika ada satu atau dua hal yang ditemukan oleh ilmu pengetahuan dalam beberapa dekade terakhir, adalah memakan banyak tanaman sama dengan mengurangi sampah. Dan ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan," ujar Mark.

Buku yang menampilkan 60 resep masakan vegan untuk sarapan dan makan siang ini, menduduki puncak daftar buku terlaris di New York Times. Namun, tidak seperti diet lainnya, yang memberikan hasil cepat. Diet cara Mark ini, membutuhkan kesabaran untuk melihat hasilnya.

"Ini adalah rencana seumur hidup. Anda tidak hanya melakukannya selama tiga bulan, lalu menyerah. Ini merupakan tantangan makan, dengan cara yang lebih baik untuk Anda. Banyak orang yang kelebihan berat badan serta makan terlalu banyak daging, dan ini adalah strategi untuk mengubahnya," ujar Mark seperti dikutip Daily Mail.  

Namun, dosen ilmu gizi di Roehampton University, Yvonne Wake mengatakan, "Memang benar bahwa menjadi vegetarian dapat menurunkan berat badan. Tapi, ada sedikit masalah dengan mengonsumsi produk hewani di malam hari." 

Yvonne mengangap bahwa sarapan dengan telur dan daging, lalu melanjutkannya dengan vegetarian saat makan siang dan makan malam, akan lebih baik. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya