VIVALIFE

Manfaat Omega 3

Omega 3 yang terkandung dalam ikan dan beberapa tumbuhan mengandung segudang manfaat.
Minggu, 29 Maret 2009
Oleh : Nenden Novianti
Ikan segar

VIVAnews - Bila anda berhemat untuk lemak sehat seperti omega 3 yang terkandung dalam ikan, suplemen, dan beberapa tumbuhan serta produk susu, maka anda telah melewatkan cara terbaik untuk mencegah penyebab berbagai masalah kesehatan.

Berikut cara untuk mengetahui manfaat dari lemak-lemak ini, dan cara terbaik untuk membuatnya bekerja dalam hidup kita.

1. Melawan rasa sakit.
Omega 3 menurut peneliti dari Pusat Kesehatan Universitas Pittsburgh menemukan  bahwa hampir dua pertiga pasien penderita sakit leher dan punggung yang kronis, tak memerlukan lagi obat  anti radang setelah mengkonsumsi pil minyak ikan selama 20-30 hari. Kuncinya adalah, omega 3 memilki zat yang mampu melawan peradangan.

Tapi anda tak harus mengkonsumsi pil, kata Joseph C.Maroon, MD, dokter ahli syaraf dari Universitas Pittsburgh. Ikan air dalam seperti salmon dan makarel, adalah sumber terbaik untuk mendapatkan omega 3 anti peradangan.

2. Jaga berat badan
Omega 3 bisa membantu menstabilkan mood anda, kata Douglas Bibus Ph.D, peneliti omega 3 dan ilmuwan dari Pusat Akademis Kesehatan Universitas Minnesota. Mood yang bisa berakibat anda kehilangan kontrol akan diet dan mengudap semua makanan yang berakibat melonjaknya bobot tubuh.

Bibus menyarankan untuk mengkonsumsi suplemen kualitas tinggi selama 30 hari. Bila tak ada perubahan, maka tambahkan dosisnya.

3. Tingkatkan mood dan kebugaran tubuh.
Bentuk lain dari omega 3 yaitu DHA bisa menaikkan 25 persen dari lemak tubuh anda dan mengolahnya menjadi produksi dan mengalirkan hormone kimia serotonin yang membuat mood baik. Orang yang sedang dilanda depresi biasanya karena kekurangan DHA.

Para peneliti meyakini bahwa suplemen DHA lebih pas dan efektif sebagai alternative obat anti depresan. Demikian kata David Perlmutter, MD penulis buku The Better Brain Book, dan ahli dalam hubungan nutrisi dan kelainan syaraf. Tapi jangan bergantung pada suplemen yang tersedia di apotik, coba cari berbagai pilihan yang tersedia lainnya.

4.Menjaga kesehatan jantung.
Omega 3 berfungsi menurunkan tekanan darah dan mengurangi penggumpalan darah, dan bisa melawan diabetes juga.

“Diabetes memiliki komponen radang yang kuat, dan mendorong pada risiko lebih besar dalam perkembangan penyakit jantung, “ kata Bibus.

Omega 3 membantu sel menurunkan gula darah, kunci untuk menghindari diabetes. Makanan seperti kacang-kacangan, bayam, minyak canola, dan alpukat serta produk kedelai seperti tahu dan edamame sangat dianjurkan.

Tumbuh-tumbuhan ini mengandung bentuk omega 3 yang disebut ALA yang membantu mencegah penyakit jantung, menurut ilmuwan Harvard Medical School. Juga makanlah ikan laut dua kali sepekan.

TERKAIT
TERPOPULER