Kenali Beda BB Cream dan CC Cream

Aplikasi krim di area mata
Sumber :

VIVAlife - Kini para wanita tak perlu lagi dipusingkan dengan noda atau flek hitam bekas jerawat. Sederet prodak seperti BB cream dan CC cream hadir guna mengatasi masalah kecantikan.

Namun tak sedikit wanita yang mempertanyaan perbedaan diantara kedua jenis produk ini. Pakar dermatologis, dr. Gloria Noveilita menjelaskan seputar produk kecantikan asal Korea itu.

"Istilah Color Corecctive (CC) Cream dan Blemish Balms (BB) Cream pada dasarnya memiliki bahan-bahan yang digunakan sifatnya dekoratif," kata Gloria saat ditemui dalam acara kecantikan di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa, 17 September 2013.

Meski sifatnya dekoratif atau agar kulit terlihat lebih mulus, BB dan CC cream memiliki tingkat penutupan noda di kulit yang berbeda. Bukan hanya itu, produk ini juga cenderung lebih ringan dibandingkan concealer dan alas bedak.

Seperti dijelaskan Gloria, BB cream merupakan all in one produk. BB Cream berada di level foundation yang sangat ringan, namun ditambahkan pelembab dan bahan lain yang sifatnya anti radang atau inflamasi.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Itu sebabnya, BB Cream juga dapat meredakan jerawat. BB cream kerap ditambahkan bedak bubuk sehingga tampilannya bisa terlihat agak lembut.

Sementara CC cream merupakan krim yang digunakan untuk menutupi noda yang sangat tebal. Umumnya, penggunaan krim ini dilakukan lebih dulu di area yang berjerawat merah dan ada flek. Kemudian diaplikasikan dengan BB cream.

"Meski dapat menutupi jerawat, akan tetapi kalau sudah bertekstur (lubang), krim ini tak akan membantu menyembunyikannya," katanya.

Meski dari Korea Selatan, pada dasarnya BB dan CC Cream boleh digunakan pada kulit orang Indonesia, namun tergantung jenis kulit. Bagi mereka yang berjerawat karena ada sumbatan di pori-pori sebaiknya menghindari produk ini.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Lebih lanjut, Gloria mengatakan bahwa penggunaan BB cream tidak bisa secara rutin. Misalnya, hanya digunakan pada acara penting. Efek BB cream sebagai anti jerawat juga tergantung jerawatnya. Kalau ringan akan terbantu, namun kalau berat justru akan semakin menutupi pori.

Wajah harus segera dibersihkan

Pada prinsipnya apapun yang menempel di kulit, apabila tak dibersihkan dapat menyebabkan kulit tak mampu meregenerasi. Alhasil akan membuat kulit lebih hitam, kasar, kuyu dan berkeringat. Ini sangat berlaku bagi kulit berminyak.

"Usahakan setelah menggunakan krim ini, segera bersihkan wajah. Kalau dibiarkan kulit akan menjadi tebal dan tak mampu bereksofoliasi atau mengelupas," ucapnya. (sj)

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan
Shin Tae-yong

Sikap Aneh Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Hadapi Korea Selatan di Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23. Pelatih Timnas Indonesia U-23 bersikap beda.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024