FOTO: Ke Nabire, Menyelam Bersama Hiu Paus

Taman Nasional Teluk Cendrawasih
Sumber :
  • indonesia.travel/id
VIVAlife - Papua tak hanya Raja Ampat, perairan Taman Nasional (TN) Teluk Cendrawasih di Nabire juga tak kalah mempesona. Bagi yang hobi menyelam, TN Teluk Cendrawasih menawarkan pengalaman menarik seumur hidup. Menyelam bersama hiu paus raksasa!
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Hiu Paus itu memiliki panjang 14 meter. Tubuhnya berwarna abu-abu, dengan totol putih dan mulut yang lebar. Si raksasa ini hanya bisa ditemukan di perairan Papua, Filipina, Australia, dan Afrika Selatan. Kawanan mereka berimigrasi dan berkembang biak, sehingga di Australia hanya bisa dijumpai saat musim panas. Namun TN Teluk Cendrawasih, hiu paus ini betah tinggal sepanjang tahun. 
Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya

Jika Anda belum mahir menyelam, alternatif lain adalah dengan snorkeling. Agar hiu paus itu bisa bermanja-manja dengan Anda, tinggal panggil saja. Caranya lemparkan ikan teri ke arah mereka.
Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Meski terkesan seram, hiu paus ini sangat ramah terhadap manusia. Mereka hanya memakan plankton dan ikan teri. Tapi sedekat apapun jarak kita, jangan pernah coba menyentuh karena mereka akan merasa terganggu.

Belum cukup bermain-main dengan Hiu Paus, TN Teluk Cendrawasih pun menaungi 209 jenis ikan lain. Jangan khawatir tidak menguasai teluk yang begitu luas, operator bahari setempat akan membantu wisatawan memilih titik-titik tertepat untuk menyelam.

Lihat foto selengkapnya

TN Taman Nasional ini terbentang 500 kilometer dari Semenanjung Kwatisore hingga Pulau Rumberpon. Kawasan ini diselimuti hutan Mangrove yang masih asri. Tak heran jika udaranya sangat sejuk, melengkapi perairan yang indah. Kawanan burung-burung endemik pun tinggal di sini, mereka membangun sarang-sarang di puncak pohon dan berkeliaran untuk mencari makan.

Menuju ke TN Teluk Cendrawasih membutuhkan waktu 1,5 jam dari Nabire menggunakan perahu. Sayangnya, belum ada penginapan di sekitar TN Teluk Cendrawasih, jika ingin berhari-hari menghabiskan waktu di sini, kita bisa menyewa kapal.

Waktu yang panjang bisa digunakan untuk mengeksplor pulau-pulau lain seperti Pulau Yoop, Wendesi, Wasior, ataupun Pulau Mioswaar yang memiliki air terjun indah. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya