Eksotika Borobudur Bakal Melejit Sampai Turki

Borobudur
Sumber :
  • Fajar Sodiq
VIVAlife -Banyaknya tempat wisata Indonesia yang menjadi rujukan lokasi syuting film asing tampaknya bukan bualan. Sebut saja film Philosophers yang mengambil Bromo, Belitung, dan Candi Prambanan sebagai latar belakang. Atau Savage yang mengambil lokasi di Pulau Moyo, Eat Pray Love di Pantai Padang-padang, Bali, dan Java Heat di Candi Borobudur.
Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Ya, Borobudur memang sedang gencar mempromosikan diri ke dunia luar. Bertajuk Developing Countries Film Festival, Candi Borobudur bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mempromosikan industri aset wisata ini ke festival film di Turki.
5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

"Developing Countries Film Festival digelar di Turki, mulai 20-27 Septmber 2013," tutur Purnomo Siswoprasetjo, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko  kepada VIVAlife, Jumat, 20 September 2013.
Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main

Peserta yang terlibat di dalamnya adalah negara-negara yang tergabung dalam D-8, yakni Indonesia, Malaysia, Iran, Turki, Mesir, Nigeria, Pakistan dan Bangladesh. Festifal film ini juga akan diikuti sejumlah  negara yang tergabung dalam wadah Economic Cooperation Organization (ECO). Yakni Turki, Iran, Pakistan, Afganistan, Tajikistan, Azarbeijan, Kazakhstan, Kyrgistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Dalam kesempatan itu, Candi Borobudur menawarkan penggunaan candi sebagai lokasi syuting para sineas dari negara-negara peserta. Diharapakan, dengan menjadi lokasi syuting filma asing, juga bisa menjadi ajang promosi wisata candi tersebut.

Selain mempromosikan Borobudur, dalam kesempatan tersebut ada juga pemutaran film dari negara peserta Developing Countries Film Festival. Beberapa film dari Indonesia yang akan  diputar adalah Fatahillah, Di Bawah Lindungan Kabah, Habibie-Ainun dan Laskar Pelangi. (adi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya