Bollywood, Inspirasi Didiet Maulana Olah Tenun India

Tenun Ikat Didiet Maulana
Sumber :
  • VIVAnews
VIVAlife
Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'
- Film-film Bollywood begitu kondang di Indonesia. Cerita romansa, lagu, hingga tariannya mampu menjaring inspirasi. Membawa atmosfer Bollywood ke atas panggung
fashion show
Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung
, Didiet Maulana berkesempatan menggubah tenun ikat India ke dalam daya pikatnya.
Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Fashion Show bertajuk
Romansa Eksotika
dihelat di Hotel Four Season, Senin, 23 September 2013. Bekerja sama dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia, Didiet menciptakan koleksi Fall/Winter di bawah merek Ikat Indonesia. Sebanyak 60 koleksi untuk pria dan wanita siap menambah warna dunia busana Indonesia.


Tenun India tampak indah dipadu-padankan dengan Sutra Makassar dan Sutra Bali. Selain itu, Didiet mengaplikasikan teknik lipit untuk memperkuat aksen India pada koleksinya kali ini. Untuk mempermanis, kain sari pun disertakan ke dalam beberapa busana.


“Saya mempersiapkan show ini selama 2,5 bulan. Saya banyak menonton film-film Bollywood dan membaca buku India sebagai inspirasi,” kata Didiet Maulana.


Film Bollywood bagi Didiet sangat menginspirasi koleksinya, gaya feminin aktris India diadopsi ke dalam rancangannya. Sementara itu, Didiet menggambarkan karakter pria India ke arah maskulin.


“Sekeras apapun karakter aktor pada film Bollywood, mereka masih bisa bernyanyi sehingga terlihat maskulin,” ujar Didiet.


Tidak ada tantangan khusus saat tangan Didiet menyulap tenun India. Hanya saja, ia harus bekerja ekstra cepat dengan waktu yang singkat. Pengiriman tenun berasal dari seluruh wilayah India, sehingga memakan waktu yang lama.


Didiet berharap karyanya bisa diterima oleh masyarakat India dan dapat menginspirasi dunia fesyen di negara tersebut. “Mudah-mudahan karya saya dapat menginspirasi fesyen di India, memberikan warna baru dan tentunya bisa dijual di sana,” kata Didiet. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya