Serunya Menyambangi "Istana Melayang" di BSD

Floating Castle
Sumber :
  • Dok. Froggy Edutography

VIVAlife - Ingat kisah Jack dan Pohon Kacang? Seorang anak muda yang menukar seekor sapi dengan kacang ajaib yang telah merubah kehidupannya. Dalam cerita Jack dan Pohon Kacang dikisahkan Jack berhasil memanjat pohon kacang raksasa hingga di atas awan dan menemukan sebuah istana yang melayang.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Kisah ini rupanya menginspirasi Fernando Iskandar untuk membangun istana bernama Floating Castle yang berlokasi di BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan, Banten. Fernando menjadikan istana tersebut sebagai tempat lembaga pendidikan non-formal yang dinamai Froggy Edutography. 

"Istana melayang ini saya buat tidak hanya karena ingin mengajak anak bermimpi. Tapi ingin mereka memiliki mimpi besar, berimajinasi besar," ujar CEO dan Founder Froggy Edutography Fernando Iskandar saat ditemui VIVAlife, Senin, 23 September 2013.

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

Bangunan istana berwarna putih ini menggunakan 66 lembar kaca setinggi 10,8 meter tanpa sambungan dengan lebar 1,9 meter dan tebal 19 milimeter yang dipasang dengan teknik suspended atau digantung. Kaca-kaca ini yang membuat istana tersebut seolah melayang di atas ketinggian 10 meter.

Untuk diketahui teknik kaca menggantung ini sudah mendapatkan penghargaan dari Record Holders Republic, Inggris, sebagai Floating Castle With the Highest Suspended Glass in the World.

Saat memasuki Floating Castle, Anda akan benar-benar merasakan seperti berada di dalam sebuah istana yang megah dan indah. Karena bentuk bangunannya yang persis istana maka anak-anak di tempat ini juga disebut dengan king dan queen.

Indonesia, Singapore Discuss Labor Cooperation

Istana terdiri dari 10 lantai yang di setiap lantainya berisi program mimpi anak-anak. Di lantai tiga misalnya, terdapat kelas cerdas matematika, musik, gerak, berteman, dan visual spatial.

Setiap ruangan dilengkapi dengan indikator yang menjadi ciri anak yang memiliki kecerdasan di bidang masing-masing. Seperti pada kelas cerdas berteman, dijelaskan bahwa anak-anak yang memiliki interpersonal yang baik memiliki karakter seperti karisma yang kuat, dapat membaca emosi orang lain, memiliki banyak teman dan senang memimpin.

Di lantai lima, terdapat ruangan-ruangan dimana anak-anak dapat bermain peran yang mereka sukai. Profesi peran seperti dokter, diplomat, desainer atau koki disiapkan persis seperti asli. Bahkan beberapa profesi dilengkapi dengan perlengkapan sungguhan. Profesi koki misalnya, anak bisa benar-benar membuat sebuah kue dari bahan-bahan yang disediakan di dapur mini.

Di lantai tujuh, terdapat sebuah aula yang digunakan sebagai tempat dimana anak-anak dapat mendeklarasikan mimpi mereka di depan orangtua dan teman-temannya.

"Di ruangan ini, kita sudah benar-benar berada di atas langit. Karpetnya pun sengaja dipilih yang berbentuk awan agar atmosfer melayangnya terasa," ujar Fernando.

VIVA Militer: Tiga jenderal Marinir purna bhakti

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Siapa saja ketiga jenderal itu?

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024