Bandara Baru Bawa Pelancong Menuju Arktik

Ilustrasi Arctic Circle Airport
Sumber :
  • openbuildings.com

VIVAlife - Arktik bukan sekadar perhiasan pada peta bumi. Letaknya menjulur paling utara, seakan daratan ini tidak mungkin terjamah. Tapi justru pengalaman menarik dilahirkan di sini, Anda bisa berkeliling benua es tersebut dengan kapal pesiar.

Destinasi Arktik memiliki akses terbatas, wisatawan hanya bisa berlayar melalui London, Amsterdam atau Kopenhagen. Kini pemerintah Norwegia mempermudah jalan menuju Arktik di mana sebuah bandara menuju tempat tersebut segera dibangun. Rencana pembangunan bandara ini baru saja disetujui parlemen Norwegia, pekan lalu.

Rizky Nazar Angkat Bicara Soal Dugaan Selingkuh, Beberkan Hal Ini

Bandara akan didesain seperti bentuk Pegunungan Traena, wilayah yang berbatasan langsung dengan lingkaran Kutub Utara. Pegunungan tersebut memilki bentuk unik, terdiri dari puncak-puncak tajam yang berdiri di atas pulau kecil.

Menurut Narud Stokke Wiig, arsitek bandara, membuat proyek di tempat dramatis sangatlah inspiratif, tetapi memberikan tantangan yang signifikan. Tantangan terbesar adalah menaklukkan iklim Arktik.

“Kami ingin menciptakan sebuah bangunan bandara yang akrab dengan lingkungan alam yang terpencil ini, tapi kami memerlukan referensi budaya yang lebih banyak lagi,” kata Narud Stokke Wiig.

Berlayar menjelajahi Arktik dilakukan pada bulan Mei hingga September, dan memakan 5-16 hari. Suhu Arktik bisa mencapai -20 derajat celsius. Walaupun termasuk daerah yang paling tidak ramah di Bumi, namun kontradiksi inilah yang membuat Arktik begitu menarik.

Arktik tidak selamanya membeku. Awal musim panas matahari bersinar hangat. Sehingga para pelancong dapat menikmati cahaya matahari dari tempat paling utara di Bumi. Fauna seperti beruang kutub, rubah arktik dan singa laut tidak lagi hanya ditatap melalui televisi, wisatawan dapat saksikan langsung di sini. (eh)

Sumber: Dezeen, Cntraveller

Parto Patrio

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Round-up dari kanal Showbiz pada Kamis, 26 April 2024. Salah satunya tentang sakit yang diidap Parto hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024