Di Tengah Konser, Yovie Ditantang 5 Menit Mencipta Lagu

Musisi Yovie Widianto
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAlife - Musisi Yovie Widianto mendapat tantangan mengejutkan dalam konser Irreplaceable yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, malam tadi. Hanya dalam waktu sekitar lima menit, ia harus bisa menciptakan sebuah lagu yang apik. Tak hanya itu, ada beberapa syarat yang dipilih secara acak dan spontan dari penonton.

Pertama, seorang penonton dipilih naik ke atas panggung dan memencet dua tuts piano secara bebas. Masayu, yang kebetulan terpilih naik, memilihkan nada rendah dan tinggi. Lantas, Yovie meminta tiga kata yang diteriakkan penonton. Dari Titi DJ dan Titi Rajo Bintang yang hadir, ia mendapat kata 'janda'. Selanjutnya, ada kata 'sakit' dan 'melayang'.

Tugas Yovie kemudian: merangkai tiga kata dan dua not acak itu tadi menjadi sebuah lagu. Nama besar dan harga diri musisi kondang itu seakan dipertaruhkan. Dibantu Rio Febrian dan Marcel, Yovie masuk dalam sebuah ruangan khusus untuk menyiapkan lagu. Merangkai musik dan lirik. Sekitar lima menit kemudian, ketiganya lantas keluar dengan wajah stres.

Tak dinyana, yang terjadi sangat luar biasa. Sebuah lantunan nada indah terdengar sempurna. Liriknya pun tak sembarangan. Dari ketiga kata yang jauh maknanya itu, bisa dirangkai begitu indah. Hanya dalam lima menit, pianis Kahitna itu telah mampu mencipta lagu seperti ciri khasnya. Ada nuansa romantis, melankolis, dan begitu menyayat hati. Itu bisa menjadi lagu yang utuh.

Dengan demikian, kemampuan Yovie sebagai komposer tak terbantah sudah. Sekitar empat ribu penonton yang memenuhi Plennary Hall JCC, langsung bertepuk tangan riuh.

Konser Irreplaceable sendiri merupakan peringatan tiga puluh tahun Yovie berkarya. Yovie tak hanya menggandeng penyanyi lokal seperti Kahitna, 5 Romeo, Andien, Raisa, Rio Febrian, Marcel, dan RAN. Ia juga sukses berkolaborasi dengan personel The Corrs, Sharon Corr dan Rick Price. (kd)

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024