9 Bahan Utama di Kosmetik Ini Buat Wajah Berseri

Aplikasi krim di area mata
Sumber :

VIVAlife -Tidak selamanya produk wajah yang dijual dengan harga mahal, bekerja dengan baik untuk kulit.

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini

Menurut Elizabeth Tanzi, dermatologis dari Washington, Amerika Serikat, dalam merawat kulit ada beberapa bahan utama yang sebenarnya bisa dijadikan acuan.

Tidak hanya untuk produk perawatan kulit wajah, tapi juga tubuh. Dilansir Womans Day, berikut bahan-bahan utama yang harus diperhatikan pada label produk kecantikan.

1. Asam hialuronat atau hyaluronic acid.
Ingin tampilan wajah bebas keriput tanpa melakukan botox? Asam hialuronat bekerja untuk hal tersebut. Khasiatnya sangat baik untuk menjaga kulit bebas dari kering dan kerut.

Doa Ibunda untuk Ernando Ari dan Indonesia U-23

Tanzi mengatakan, pelembab dengan bahan asam hialuronat dapat membuat kulit tetap lembap. Menariknya lagi bahan ini baik untuk semua jenis kulit. Gunakan setelah kulit wajah benar-benar bersih, baik di pagi atau malam hari untuk memberi kelembaban pada kulit.

2. Alpha Hydroxy Acid atau AHA.

Tanzi, mengatakan AHA kerap ditemukan dalam produk seperti pembersih wajah, penyegar dan pelembab. Fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menjadikan kulit wajah lebih segar dan kencang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang mengenakan bahan yang mengandung 25 persen bahan-bahan AHA yaitu glycolic, lactic dan citric acid mengalami peningkatan kelembaban pada kulit, mendorong produksi kolagen dan menjadikan kulit lebih elastis. Gunakan AHA sekali atau dua kali seminggu di malam hari.

3. Peptides.

Bicara soal bahan ajaib, protein yang satu ini termasuk salah satu di antaranya, bahan ini mendorong produk kolagen lebih banyak dan dapat mengurangi kulit kendur dan kerutan. Jeannette Graf, MD, dari Mount Sinai Medical Centre di New York menganjurkan untuk menggunakannya saat malam hari sebelum tidur.

4. Tabir surya.

Dengan kandungan SPF yang memblok sengatan sinar ultraviolet, tabir surya menjadi salah satu bahan yang penting dalam merawat kulit. Terutama untuk menghindari noda hitam. Bahan ini juga sangat potensial dalam mengurangi kerut lebih cepat. Gunakan tabir surya 20 hingga 30 menit sebelum keluar ruangan dan setiap 60 sampai 80 menit setelahnya.

5. Retinoid

Bahan yang satu ini juga diyakini dapat memperbaiki kulit dari kemunduran seiring bertambahnya usia. Saat memakainya, retinoid akan mengikat DNA yang disebut dengan ligan. Fungsinya untuk meningkatkan tekstur kulit dan membuatnya tampak lebih kencang. Graf menganjurkan untuk menggunakan retinoid pada malam hari.

6. Antioksidan

Sinar matahari, polusi udara, asap rokok, dan faktor eksternal berbahaya lainnya dapat menyebabkan kerusakan kulit yang lebih besar, selain itu juga menyebabkan kerut, kusam dan jerawat. Antioksidan merupakan bahan yang berfungsi sebagai pencegah hal-hal yang berbahaya bagi kulit.  Tanzi mengatakan ia menggunakan serum antioksidan seharian untuk melindunginya dari segala faktor yang dapat merugikan kulit, terutama polusi. Gunakan serum antioksidan di pagi hari, setelah mencuci muka dan sebelum menggunakan pelembab dan tabir surra.

7. Kinetin

Selain membantu melembabkan kulit, kinetin membantun hormon menstimulasi produksi kolagen. Tanzi menganjurkan untuk menggunakan produk yang mengandung kinetin, jika Anda memiliki masalah dengan produk yang berbahan retinoid. Meski tidak sekuat retinoid, bahan ini memiliki khasiat yang sama.

8. Niacinamide

Bahan yang satu ini, wajib digunakan karena dapat membuat kulit lebih lembut dan lembap, selain itu juga baik untuk kulit yang sensitif dan berjerawat.

9. Hydroquinone

Produk perawatan kulit ini kerap disebut bleaching creams, karena dapat meminimalisir terjadinya hiperpigmentasi. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa mereka yang menggunakan krim hydroquinone dapat merawat kulit lebih baik dan mencegah masalah hiperpigmentasi.

Main Series Bareng Nicholas Saputra, Lee Sang Heon Jadi Bisa Masak Orek Tempe
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024