Menilik Keunikan Bukit Kasih di Manado

Bukit Kasih Manado
Sumber :
  • wikimapia.org
VIVAlife
Mobil Gran Max Langsung Terbakar saat Kecelakaan Maut di Km 58, Ada 3 Unsur Penyebabnya
- Salah satu hal yang membanggakan, menjadi bagian dari Indonesia adalah perbedaan yang selalu disatukan. Rakyatnya hidup harmonis walaupun terdiri dari banyak suku, etnis, bahasa, tak terkecuali agama.

Bikin Geram, Netizen Temukan Prilly Latuconsina Masak Hidangan Lebaran Pakai Gas Subsidi

Negeri ini menghidupi rakyat yang memeluk lima agama, yakni Islam, Protestan, Katholik, Hindu dan Budha. Walaupun berbeda, kita semua bersaudara. “Torang Samua Ba’saudara”, begitulah orang Manado menyebutnya.
KPK Allows Inmate to Meet Family during Eid al-Fitr


Bukit Kasih di Manado, Sulawesi Utara terasa sangat damai dan tenang. Bau belerang yang alami ditambah udara yang sejuk, melahirkan rasa nyaman tersendiri. Walaupun Manado sebagian besar dihuni oleh orang Nasrani, satu hal yang unik, ada 5 rumah ibadah dari 5 agama di bukit ini.


Dua gereja, masjid, vihara, dan pura berdiri kokoh saling berdampingan, menandai betapa negeri ini penuh kasih, menghargai perbedaan dan membangunnya menjadi sebuah kebanggaan.


Selain tempat suci untuk menghadap Tuhan, Bukit Kasih diperkaya hutan tropis yang rimbun dan berkabut, sehingga cocok dijadikan tujuan bermeditasi. Bukit yang indah di bawah Gunung Soputan, letaknya yang tinggi dan terjal membuat pengunjung harus rela menanjak untuk merasakan kasih di sini. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 2.435 buah anak tangga harus dilalui.


Pintu Bukit Kasih berupa tugu yang menjulang setinggi 22 meter. Tugu dibangun gagah dengan lima sisi, menandakan lima agama di Indonesia yang disatukan oleh toleransi. Di setiap sisi, dipahat relief berupa ayat-ayat suci dari ajaran agama masing-masing.


Tebing-tebing bukit pun menjadi hal yang menarik bagi pengunjung. Pasalnya, terdapat sepasang patung wajah bernama 'Toar' dan 'Limuumut' yang dipercaya sebagai nenek moyang warga Minahasa.


Bukit Kasih berada 55 kilometer dari Kota Manado, tepatnya di Desa Kanonang, Kabupaten Minahasa. Butuh waktu tempuh sekitar 1 jam dari Manado hingga ke Desa Kanonang. Medan yang tidak mudah karena jalan berkelok-kelok, namun pemandangan Teluk Manado akan menjadi teman selama dalam perjalanan.


Petikan yang sangat luhur dapat diambil dari obyek wisata rohani tersebut. Bukit Kasih adalah simbol kerukunan, sekaligus pedoman agar negeri ini senantiasa menyatukan perbedaan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya