5 Kesalahan dalam Merawat Rambut

rambut indah
Sumber :

VIVAlife - Rambut rontok, kusam dan tidak berkilau hanyalah sebagian dari banyaknya masalah rambut yang dihadapi banyak wanita. Sebagai mahkota, setiap orang pasti menginginkan rambut yang sehat, berkilau dan indah.

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

Sayangnya, menggunakan produk-produk perawatan rambut sebaik dan sehebat apapun tidak akan berhasil jika masih melakukan sejumlah kesalahan seperti dikutip Shine berikut ini.

Tidak menyisir sebelum mencucinya

Rambut menjadi lebih rapuh jika dalam kondisi basah. Oleh karena itu rambut basah menjadi lebih mudah patah saat disisir. Untuk mencegah rambut menjadi kusut karena keramas, sisir rambut terlebih dahulu sebelum mencucinya.

Tapi jika Anda ingin menyisir rambut setelah keramas, gunakan kondisioner terlebih dahulu kemudian sisir rambut dengan jari baru sisir dengan sikat sisir sebelum dibilas.

Hanya menyisir ujung rambut
Menyisir rambut terlalu sering memang dapat menyebabkan rambut lebih rapuh dan mudah patah. Meski demikian, minyak alami di kulit kepala adalah kondisioner terbaik bagi rambut.

Terkuak, Alasan Satu Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok Dibebaskan

Oleh karena itu jangan hanya menyisir rambut di bagian ujungnya saja. Pijat lembut kulit kepala dengan sisir perujung bulat untuk merangsang sirkulasi darah dan pertumbuhan rambut. Lalu sisir rambut dari puncak hingga ujungnya.

Terlalu bersih
Demi mendapatkan rambut yang bersih dan harum setiap hari, banyak orang memilih untuk mencucinya setiap hari. Padahal mencuci rambut terlalu sering justru dapat mengurangi kelenjar minyak alami rambut dan efeknya rambut terlihat kusam.

Viral Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Ini Kata Bea Cukai

Cuci rambut setiap hari, jika Anda selalu menggunakan produk hair styling. Tapi jika jarang terkena produk tersebut, mencucinya hanya dengan air sebenarnya sudah cukup. Kemudian lanjutkan dengan keramas dua hari sekali.

Terlalu panas

Pengering rambut memang dibuat untuk mengeringkan rambut secara cepat. Tapi jika menggunakannya saat rambut dalam keadaan sangat basah, hanya akan membakar folikel rambut dan membuatnya menjadi rapuh. Sebaiknya keringkan rambut terlebih dahulu dengan handuk baru menggunakan pengering rambut.

Rambut patah bisa diperbaiki
Banyak produk rambut yang menjanjikan dapat memperbaiki rambut patah. Sayangnya, rambut yang patah tidak dapat diperbaiki dengan produk apapun. Solusinya hanyalah mencegah terjadinya rambut yang sehat menjadi rapuh dan patah.

Caranya adalah dengan mengurangi paparan alat yang terlalu panas dan tidak terlalu sering mencuci rambut. Untuk meminimalkan dampak kerusakan jika ada tanda-tanda rambut patah, gunakan serum rambut khusus atau memotongnya. (umi)

Pasha dan Adelia

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini

Lebih lanjut, Adelia mengungkap bahwa tas yang hilang dicuri itu merupakan tas pemberian dari sang saumi, Pasha Ungu sebagai hadiah.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024