Melangkah Aman di Kota Paling Jujur Sedunia

Helsinki Central Station
Sumber :
  • flickr.com/photos/iza_eus
VIVAlife
5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23
- Liburan indah bisa jadi malapetaka saat mendadak kehilangan dompet dan dokumen penting. Bukan hanya perkara kekurangan uang. Mengurus paspor dan visa yang hilang di negeri orang juga sangat merepotkan.

Wika Salim Ungkap Kondisi Terkini Tukul Arwana

Namun di Helsinki, Finlandia pelancong tak perlu khawatir. Dompet yang sudah hilang masih punya kesempatan kembali ke tangan pemiliknya. Tak usah heran, karena kota ini merupakan kota paling jujur sedunia menurut survei majalah
Soetta Jadi Bandara Tersibuk di Asia Tenggara
Reader’s Digest .


Kejujuran masyarakat di berbagai negara diuji dengan pura-pura menjatuhkan dompet. Isinya uang sebesar US$50 atau sekitar Rp570 ribu. Ada pula nomor telepon genggam, kartu nama, dan selembar foto keluarga. Benar-benar seperti dompet yang sungguhan terjatuh.


Dompet itu sengaja ditinggalkan di tempat-tempat umum seperti taman kota, jalanan, dan pusat perbelanjaan. Total, ada 192 dompet yang dijatuhkan di 16 kota di dunia. Mengutip laman
CNN
, hampir 47 persen dompet kembali pada pemiliknya seperti tertera dalam kartu nama.


Dari 12 dompet yang dijatuhkan di Helsinki, 11 di antaranya dikembalikan. Itu sebabnya, ibu kota Finlandia ini menempati posisi pertama sebagai kota paling jujur di dunia. Selanjutnya, ada Mumbai di India. Sembilan dari 12 dompet jatuh dikembalikan pada pemiliknya.


Disusul kemudian Budapest di Hungaria. Dari 12 dompet yang jatuh, delapan kembali. Beturut-turut di bawahnya ada New York, Moskow, Amsterdam, Berlin, Sjubljana (Slovakia), London, Warsawa, Bucharest (Romania), Rio de Janeiro, Zurich, Praha, dan Madrid.


Sedangkan posisi terakhir ditempati Lisbon di Portugal. Dari 12 dompet yang sengaja dijatuhkan, hanya satu yang kembali.


Ursula Smistl, seorang penemu dompet di London menyatakan dirinya tak langsung beranggapan dompet yang ditemukan milik orang kaya. “Bisa saja itu sisa uang yang dimiliki seorang ibu yang harus membiayai anak-anaknya,” ujarnya bijaksana.


Sebagai kota paling jujur, Helsinki memang dihuni masyarakat yang sangat ramah. Aman rasanya berjalan-jalan di sana. Kota ini sangat menarik, terutama dari segi arsitektur klasiknya. Helsinki juga menyediakan pasar tradisional yang unik dan taman-taman apik. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya