Mereguk Keelokan Langit Malam di 7 Lokasi Dunia

Cherry Springs State Park
Sumber :
  • Pennsylvania Fly Fishing

VIVAlife - Damai rasanya jika bisa bebas memandang bentangan langit malam. Apalagi saat hitam pekat sang cakrawala dihiasi taburan gemerlap bintang-bintang. Indah luar biasa. Sayang, pemandangan itu tak lagi mudah ditemukan di kota-kota besar.

Bukan hanya karena banyaknya gedung tinggi. Pekatnya polusi cahaya dan udara juga mengganggu. Hanya sedikit tempat yang menawarkan keelokan paras langit itu. Mengutip laman USA Today, berikut 7 spot terbaik di dunia untuk melihat keindahan bintang di langit.

Big Bend National Park (Texas)

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Beruntung taman nasional ini didirikan terisolasi. Ia tak perlu banyak energi untuk beroperasi. Pencahayaan berlebihan juga tak perlu dilakukan. Ini taman tergelap di Amerika Serikat. Big Bend pun menjadi tempat tepat melihat bintang. Tak ada gedung tinggi dan polusi.

Cedar Breaks National Monument (Utah)

Monumen nasional ini juga mulai mengurangi pencahayaan. Tak ada lagi lampu LED benderang yang bisa mengurangi kualitas kepekatan malam. Posisi monumen yang tinggi menambah sensasi tersendiri. Rasanya langit dan bintang berada sangat dekat dengan telunjuk manusia.

Cherry Springs State Park (Pennsylvania)

Jasad Wanita Open BO yang Dibunuh Hanyut Dibuang di Kali Bekasi Hingga ke Pulau Pari

Ini merupakan taman tergelap di Timur Mississipi. Sebuah klub astronomi setempat berhasil meyakinkan pemerintah untuk mengurangi polusi cahaya. Alhasil, Cherry Springs menjadi lokasi pertama yang dinobatkan sebagai taman tergelap.

Aoraki Mackenzie International Dark Sky Reserve (Selandia Baru)

Tempat ini benar-benar terpencil. Tak ada peradaban. Namun, justru di sinilah tempat terbaik melihat bintang. Berbagai rasi bintang tercetak jelas di langit. Silakan berdecak kagum menikmati indah kemilaunya. Tempat ini sangat cocok menenangkan pikiran.

NamibRand International Dark Sky Reserve (Namibia)

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Bagaimana jika liarnya cagar alam Afrika dipadukan dengan indahnya astronomi? Kombinasi itu hanya ada di tempat ini. Tersedia penginapan terbuka di tengah alam, yang memungkinkan pengunjung memandang langit dari tempat tidur mereka.

Headlands International Dark Sky Park (Emmet County)

Daerah ini membuktikan, langit gelap pun bisa menjadi destinasi wisata. Tahun lalu, tempat ini dinobatkan sebagai langit tergelap. Sepanjang tahun ini, Headlands International Dark Sky Park penuh dengan kalender astronomi.

Borrego Springs (California)

Gurun di California ini seakan menjadi kawah bagi para bintang. Ia dikelilingi sebuah kota besar. Namun, langitnya seperti tak terjamah. Kerlip-kerlip putih yang berkilau itu terjaring sempurna dalam langit di Borrego Springs. Ia sama sekali tak terganggu dengan cahaya dari kota di sekelilingnya. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya