VIDEO: Tradisi Unik Nelayan Belgia, Melaut dengan Kuda

Ilustrasi kuda.
Sumber :
  • Blogs.ft/ Jamie Han

VIVAlife - Siapa bilang berburu ikan dan udang di laut hanya bisa berbekal perahu dan jala? Nelayan di pesisir kota Oostduinkerke, Belgia punya cara unik. Tak ada sampan maupun dayung. Mereka biasa melaut dengan menunggang kuda.

Cara unik ini sudah menjadi tradisi turun temurun. Fungsi kuda sama dengan perahu pada lazimnya kegiatan melaut. Mereka ditunggangi sampai ke tengah laut. Lalu, para nelayan menebar jaring sepanjang 15 meter yang sudah dipasangi pemberat. Sasaran utamanya adalah udang.

Kuda-kuda itu dibiarkan berendam selama sekitar 45 menit. Para nelayan menunggu di atas badan kuda. Setelah itu, mereka berputar dan berjalan kembali ke pantai. Tentu saja, sambil menarik jala yang sudah berisi hasil tangkapan.

Setelah kuda-kuda menuntaskan tugas, giliran para nelayan bekerja. Mereka memilah hasil tangkapan. Terkadang isinya tak hanya udang. Ada pula ikan dan kepiting.

Kegiatan unik ini banyak menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Belgia. Sayang, frekuensinya mulai jarang. Sudah banyak nelayan yang menggunakan perahu bermotor.

Jokowi Adakan Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

Pasalnya, memelihara kuda butuh biaya yang tak sedikit. Mereka perlu dirawat setiap hari dan diberi makan. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk memiliki kandang. Simak liputan selengkapnya melalui ini.

Bea Cukai musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas

Bea Cukai Musnahkan Pakaian Bekas Bernilai Ratusan Juta di Yogyakarta

Bea Cukai Yogyakarta musnahkan ratusan ballpress pakaian bekas hasil penindakan di salah satu gudang PT KOOC Kreasi.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024