Kanker Langka Ubah Gusi Pria Ini Jadi Hitam

Ilustrasi sakit gusi
Sumber :
  • anneahira.com
VIVAlife
Partai Pendukung Prabowo-Gibran Akan Kumpul, Termasuk PKB-Nasdem Diajak
- Seorang pria China, 45 tahun tak pernah mengalami sakit kronis sebelum kondisi ini tak biasa menimpanya. Gusinya berubah menjadi warna gelap selama empat minggu sehingga memaksanya mencari pertolongan medis.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

Hasil analisis dokter menyebutkan, dia menderita penyakit melanoma langka, melanoma mukosa. Penderita penyakit ini hanya sekitar 5 persen di seluruh dunia.
KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras


Mengutip
Daily Mail
, area yang berubah hitam sekitar 1,5 cm dan 4 cm dan terdeteksi sebagai kanker. Kasus yang dimuat dalam New England Journal of Medicine menulis dokter mengangkat area tersebut ditambah dua cm dari daerah sekitarnya. Dari rekam medis, gusi hitam pria tersebut diakibatkan terkena permen karet.


Tes mengungkapkan bahwa kanker belum menyebar dan belum kembali enam bulan usai operasi pengangkatan.


Melanosit atau pigmen yang memproduksi sel-sel tubuh juga terdapat di permukaan mukosa tubuh, lapisan sinus, hidung, rongga mulut, vagina, anus dan daerah lainnya.


Namun, melanoma mukosa umumnya muncul di kepala dan leher. Sel-sel ini bisa berubah menjadi sel-sel kanker.


Tapi,  tidak seperti kebanyakan kasus melanoma kulit, melanoma mukosa tidak dianggap terkait dengan atau terpengaruh oleh paparan UV .


Penderita melanoma mukosa memiliki tingkat kelangsungan hidup selama lima tahun sekitar 40 persen, dibandingkan 90 persen harapan hidup penderita yang mengalami melanoma di kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya