Air Liur Bisa Deteksi Gejala Kanker Pankreas

ilustrasi kanker pankreas
Sumber :
  • epancreaticcancer.com
VIVAlife-
PDIP Isyaratkan Megawati Bertemu Prabowo Tunggu Hari Baik
Kanker pankreas bisa sangat mematikan, keberadaannya pun sulit terdeteksi. Penyakit tersebut baru disadari ketika telah menyebar ke luar pankreas.

Kumpulan Ucapan Idul Fitri dari Klub Premier League dan Serie A
Demi menyelamatkan manusia dari kanker pankreas, School of Dentistry, University of California, melakukan studi untuk mendeteksi penyakit tersebut. Ternyata melalui air liur, gejala kanker pankreas dapat diketahui.

Soal Megawati Apakah ke Open House Presiden Jokowi, PDIP Jawab Begini
Sebelumnya, kanker pankreas hanya dapat didiagnosis melalui biopsi. Meskipun tes darah juga bisa menunjukkan adanya sesuatu yang salah pada organ sistem pencernaan tersebut.

"Kami telah membuktikan adanya hubungan biologis antara gangguan sistemik tubuh dengan rongga mulut," kata David Wong, peneliti seperti dikutip huffingtonpost.com.

Seekor tikus yang memiliki tumor pankreas dijadikan bahan studi mereka. Ditemukan bahwa organel yang disebut 'exosome', memiliki pengaruh terhadap molekul tanda peringatan awal penyakit, atau biomarker. Ketika mereka menekan produksi exosome, biomarker tidak muncul lagi pada air liur tikus.

Ini bukan pertama kalinya air liur dikaji untuk mendeteksi kanker. Sebelumnya, peneliti dari Michigan State University mengkaji hubungan biologis air liur dengan kanker mulut. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya