Ingin Rambut Sehat Berkilau? Konsumsi Makanan Ini

rambut indah
Sumber :

VIVAlife - Rambut tebal dan berkilau tak bisa didapat hanya melalui perawatan rutin. Masker rambut, spa, dan creambath hanya pemoles dari luar. Padahal, kecantikan rambut juga harus dipasok dari dalam. Salah satunya, melalui nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Ceritakan Pengalaman Mistis, Inul Daratista Pernah Muntah Darah

Jika nutrisi tak mencukupi, dampaknya akan buruk pada rambut. Menurut Ricardo Vila Nova, seorang trichologist dari Urban Retreat di Harrods, diet yang salah bisa menyebabkan rambut kering, tak bertekstur, menipis, dan rontok. Stres, juga menyebabkan kerusakan rambut yang sama.

Jangan sampai itu terjadi pada Anda. Sebab, butuh waktu minimal empat tahun untuk memulihkan kerusakan rambut yang dipicu hal-hal itu. Sebaiknya, sejak dini tubuh diberi asupan makanan yang cukup gizi untuk pembentukan rambut indah nan sehat.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Mengutip laman Daily Mail, berikut beberapa makanan yang baik untuk rambut.

Daging

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba

Daging merah sangat baik untuk mencegah rambut patah. Pasalnya, daging merah mengandung zat besi yang bermanfaat menguatkan rambut. Zat besi akan memasok oksigen lebih ke kulit kepala, sehingga rambut lebih kuat.

Untuk mencukupi kebutuhan zat besi, sebaiknya konsumsi daging merah dua kali seminggu. Jika Anda vegetarian, daging merah bisa diganti dengan lentil, tofu, atau bahkan cokelat.

Cokelat

Selain memperkuat pertumbuhan rambut, cokelat juga berkhasiat menjaga warna alami rambut. Sebab, mengonsumsi cokelat dapat meningkatkan produksi zat melanin. Zat melanin sendiri merupakan sumber warna alami rambut. Untuk hasil maksimal, konsumsi dark chocolate.

Salmon

Jika ingin membuat rambut lembut dan mudah diatur, disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi Omega 3 dan Omega 6, seperti salmon. Ikan itu akan menjaga kesehatan kulit kepala. Zat minyaknya juga menjaga kulit kepala tetap terhidrasi dengan baik.

Alpukat dan Kacang

Dua makanan ini, sangat baik untuk membuat rambut berkilau alami. Zat yang terkandung dalam alpukat dan kacang, akan menjaga lapisan kutila rambut dan membuatnya tampak berkilau serta halus. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya