26 Produser Film Indonesia Bentuk APROFI

APROFI
Sumber :
  • Dok. APROFI

VIVAlife - Perfilman Indonesia kian bangkit. Film-film berkualitas karya anak negeri mulai diakui di dunia internasional. Dari segi cerita maupun akting, mengalami peningkatan. Latarnya tak monoton. Aktor-aktor lokal pun ada yang sudah merambah Hollywood.

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Di tengah kondisi itu, 26 produser mengikatkan diri pada Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI). Itu merupakan sebuah organisasi yang bertujuan mengembangkan industri film Indonesia. mulai dari pemetaan potensi, regulasi kebijakan, pengembangan kualitas SDM, hingga promosi.

APROFI resmi dibentuk pada 17 Oktober 2013 lalu, di kawasan Jakarta Selatan. Produser Sheila Timothy didapuk sebagai Ketua Dewan Pengurus, bersama Mandy Marahimin dan Fauzan Zidni. Sedangkan Mira Lesmana, Shanty Harmayn, dan Erwin Arnada diangkat menjadi Dewan Pertimbangan.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Lala, sapaan akrab Sheila Timothy, menuturkan pihaknya saat ini tengah memantapkan organisasi APROFI dan menyusun langkah meningkatkan kualitas industri perfilman Indonesia. “Kami ingin memperbaiki ekosistem industri film ini, baik untuk produser-produser film art maupun komersial,” katanya saat dihubungi VIVAlife, Jumat, 25 Oktober 2013.

Ia juga mengatakan akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung segala program kerjanya. “Misalnya dengan director club, para script writer, dan banyak lagi. Kami akan memberi masukan pada pemerintah soal perfilman Indonesia,” ujarnya lagi, menjelaskan.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

APROFI sebenarnya bukan organisasi pertama yang melingkupi para produser film di Indonesia. Sebelumnya, kata Lala, ada Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI). Namun, itu hanya terbatas untuk para produser yang memiliki production house saja.

Sementara, APROFI mewadahi produser baik sebagai individu maupun pemilik perusahaan. Dengan begitu, logikanya APROFI bisa menjangkau lebih luas dan lebih leluasa meningkatkan kualitas industri film Indonesia. (eh)

Ilustrasi Gedung KPK.

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

KPK mengingatkan tingaal tiga hari lagi tenggat waktu bagi pejabat negara, termasuk menteri untuk melaporkan LHKPN.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024