Ini Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bercinta

Ilustrasi pasangan bercinta
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Seks seringkali disebut sebagai aktivitas pembakar kalori yang lebih menyenangkan dari joging. Kalori yang terbakar saat berhubungan seks kurang lebih sama dengan berjalan, bahkan dianggap sebagai aktivitas fisik yang lebih baik daripada jalan sehat. Meski demikian, tetap tidak sebaik joging atau latihan cardio.

GAC Aion Jual 1 Juta Mobil Listrik dalam Waktu Relatif Singkat

Sebenarnya berapa jumlah kalori yang terbakar dengan berhubungan seks? Para peneliti di Kanada mengklaim telah menemukan jawabannya.

Berdasarkan penelitian, aktivitas seks dapat membakar sekitar 4,2 kalori per menit pada pria dan 3,1 kalori per menit pada wanita. Jika aktivitas bercinta dilakukan rata-rata 24,7 menit, maka kalori yang terbakar mencapai 104 untuk pria dan 69 untuk wanita.

Putri Marino Berani Mesra dengan Nicholas Saputra, Ini Reaksi Tak Terduga Chicco Jerikho!

Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Quebec di Montreal ini, didapatkan setelah para peneliti melibatkan 21 pasangan pria dan wanita berusia 18 hingga 35 tahun sebagai partisipan.

Seperti dilansir laman Daily Mail, mereka diminta untuk menggunakan gelang atau arm band yang dapat melacak pengeluaran energi dari tubuh saat melakukan hubungan seks di rumah. Partisipan juga diminta untuk menjawab pertanyaan, selelah apa tubuh mereka setelah bercinta, seberapa besar usaha mereka untuk memuaskan pasangan, dan bagaimana mereka menikmati sesi intim tersebut.

Selain itu, mereka juga diminta melakukan treadmill selama 30 menit untuk mengecek berapa jumlah kalori yang terbuang. Tujuannya, agar dapat dibandingkan dengan jumlah kalori yang tertera di arm band yang mereka gunakan saat bercinta.

Dari pemeriksaan diketahui bahwa pria berhasil membakar 9,2 kalori per menit saat treadmill tapi hanya 4,2 ketika bercinta. Sedangkan wanita membuang 7,1 kalori di treadmill dan 3,1 kalori di tempat tidur.

Hasil dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE ini menyimpulkan bahwa bercinta memang merupakan aktivitas yang dapat membantu menyehatkan tubuh dan membakar kalori. Tapi bukan berarti jadi satu-satunya solusi jika Anda ingin turunkan berat badan atau mendapatkan manfaat olahraga.

David Allison, peneliti dari University of Alabama di Birmingham bahkan menemukan bahwa setiap sesi aktivitas seksual yang dilakukan pasangan rata-rata hanya berlangsung selama enam menit dan membakar sekitar 21 kalori saja. Sama halnya dengan berjalan kaki. (umi)

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

Shin Tae-yong jadi sosok pelatih yang dicintai masyarakat Indonesia karena sukses membawa Timnas U-23 menorehkan sejarah. Ternyata, dirinya juga mahir dalam berkendara.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024