4 Makanan Alami Pereda Nyeri Menstruasi

Nyeri haid atau menstruasi edit
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife - Wanita sudah akrab dengan rasa nyeri yang muncul menjelang datang bulan. Kelamaan, itu dianggap biasa. Tinggal minum sebutir obat atau sebotol minuman berbahan rempah yang mengklaim diri sebagai pereda nyeri. Namun, apakah itu cukup?

Gelar RUPST, PT Federal International Finance Angkat Siswadi Jadi Presdir Baru

Nyatanya, rasa kembung masih ada. Itu membuat perut tak nyaman, bahkan untuk sekadar makan. Nyeri di bagian dada dan pinggang juga masih dirasakan. Belum lagi emosi yang memuncak, terkait perubahan hormon yang terjadi. Sebenarnya, ada cara alami mengatasi hal itu.

Mengutip laman Shape, berikut lima makanan alami yang bisa dimanfaatkan.

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Turki

Makanan dari hewan jenis unggas ini tinggi protein, sehingga ampuh mengatur kadar serotonin dalam tubuh. Serotonin merupakan hormon pengatur kebahagiaan. Ia juga mengandung vitamin B6 yang membantu produksi dopamin, penting untuk mencegah emosi, depresi, dan meredakan nyeri pada payudara.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

Gandum utuh

Tubuh lemas sering mengganggu hari wanita yang menstruasi. Tugas-tugas jadi terbengkalai. Untuk itu, roti dengan kandungan gandum utuh bisa dikonsumsi. Karbohidrat kompleks dan vitamin B-nya kaya protein, bisa dijadikan sumber energi selama sehari penuh. Energi itu penting untuk mencegah perut nyeri selama menstruasi.

Biji flaxseed

Perut kram karena tak kuat menahan nyeri saat menstruasi, juga sering terjadi. Untuk menguranginya, bisa menggunakan satu atau dua sendok makan biji flaxseed. Ia mengandung omega-3 yang tinggi, sehingga bisa mengurangi peradangan. Selain itu, ia mengambat produksi prostaglandin, zat kimia yang meningkatkan kontraksi otot.

Bayam

Ini sayuran yang paling mudah ditemukan. Untuk meredakan nyeri, cukup konsumsi secangkir bayam. Bisa dijadikan salad atau dijus. Itu mengandung sekitar 156 miligram magnesium. Dengan sumber mineral itu, wanita tak lagi merasa lemas dan pusing karena kekurangan darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya