Konsumsi Daging Olahan Setiap Hari Perburuk Kualitas Sperma

Ilustrasi sosis
Sumber :
  • iStock
VIVAlife
Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD
- Daging olahan memang praktis dan enak. Tidak perlu repot membubuhi bumbu, daging cukup digoreng kemudian disajikan. Namun bagi para pria, berhati-hatilah terhadap daging olahan. Menurut penelitian Universitas Harvard, terlalu banyak mengonsumsi makanan jenis ini dapat menurunkan jumlah sperma.

Abu Vulkanik Gunung Ruang Ganggu Penerbangan, Penutupan Bandara Sam Ratulangi Diperpanjang

Pria yang mengonsumsi daging olahan secara rutin, jumlah spermanya lebih rendah dibanding mereka yang tidak. Daging olahan yang dimaksud adalah daging asap, sosis, hamburger dan daging cincang.
Israel Serang Iran, Semua Penerbangan ke Teheran Ditangguhkan


Pria yang tidak setiap hari menyantap daging olahan, memiliki sperma 30 persen lebih normal dibanding mereka yang memakan daging olahan lebih dari itu. Sementara, pria yang gemar mengonsumsi ikan, kualitas spermanya lebih baik dibanding dua kategori pria di atas.


"Asupan daging olahan dapat mengurangi jumlah sperma, sedangkan ikan menghasilkan jumlah sperma yang lebih baik," kata Myriam Afeiche dari

Harvard School of Public Health seperti dilansir laman
Telegraph
.


Allan Pacey, ahli kesuburan dari Universitas Sheffield mengatakan, pola makan sehat sudah lama diketahui dapat meningkatkan kesuburan pria. Mereka yang lebih sering mengonsumsi buah dan sayuran, memiliki kualitas sperma lebih baik.


"Sangat sulit untuk menentukan secara akurat bentuk dan ukuran sperma. Namun lepas dari itu, saran untuk menjauhi daging olahan dan memperbanyak makan ikan adalah nasihat kesehatan yang baik. Asupan daging olahan harus dibatasi karena makanan ini juga menimbulkan penyakit yang lain," lanjut Pacey.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya