Derita Sinus 2 Tahun Akibat Implan Gigi

Ilustrasi kawat gigi
Sumber :
  • iStock
VIVAlife -
Stasiun Whoosh di Karawang Belum Beroperasi, Erick Thohir Ungkap Penyebabnya
Seorang wanita Italia (57) mengunjungi dokter dan mengeluhkan nyeri pada wajah dan gangguan sinus yang dialaminya selama dua tahun.

Investasi Rp 1,6 Triliun, Apple Bakal Bangun Developer Academy di 4 Wilayah RI
 
Hakim MK Buka Suara soal Megawati Ajukan Amicur Curiae Terkait Sengketa Pilpres 2024
Usai pemeriksaan CT Scan, dokter menemukan penyebab rasa sakit dan gangguan sinusnya. Di sinus sebelah kiri, dokter menemukan sekrup dan implan gigi.

Dua tahun sebelumnya, dia menjalani implan gigi yang ditanam dengan sekrup logam sepanjang dua sentimeter di rahang atas. Namun kemudian implan gigi terbuka dan bergeser ke sinusnya.


Pada pemeriksaan, tidak terjadi komplikasi kesehatan selain ganngguan sinus. Dokter menemukan, gusinya menunjukkan tidak ada tanda-tanda implan dan gigi implan hilang dari rahangnya. Setelah diketahui letak implan, dokter kemudian melakukan pembedahan untuk mengangkatnya.


Setelah operasi, gejala sinus segera membaik dengan cepat. Pemeriksaan selanjutnya juga menunjukkan bahwa sinusnya kembali normal tanpa kerusakan permanen.


Dokter menduga, ini karena implan yang ditempatkan pada posisi yang salah di rahang.


Kepada
LiveScience
, peneliti studi Alberto Schreiber, dari University of Brescia di Italia mengatakan, "Saya percaya implan mungkin berada dalam sinus pasien setidaknya selama satu tahun, bahkan mungkin sejak operasi dua tahun sebelumnya."


Konsultan bedah mulut Lukas Cascarini menambahkan, "Jika tidak sepenuhnya dimasukkan ke gusi, implan dapat bergeser ke permukaan atau menuju sinus yang akan memperlakukan sebagai benda asing."


"Jika demikian, tubuh akan memperlakukannya seperti benda asing dan akan menghalaunya ke mulut," katanya.


Namun, kejadian yang dimuat dalam New England Journal of Medicine  itu termasuk langka. Karena biasanya implan bergeser bila tak melekat pada gigi palsu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya