Mandi bersama Belut: Cara Ekstrem untuk Kulit Cantik

Kulit leher terawat
Sumber :
  • istockphoto.com

VIVAlife - Lupakan cara konvensional mendapatkan kulit halus, lembut, dan cantik. Perawatan dengan body lotion, lulur, maupun masker bisa dibilang ‘kuno’. Di Inggris, para wanita sedang menggemari perawatan alami dengan belut.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Caranya memang cukup ekstrem. Seseorang harus berendam dalam bak berisi belut-belut berukuran mungil. Binatang licin itu dipercaya dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Pertumbuhan sel kulit baru pun dirangsang. Hasilnya, kulit lebih halus dan tampak bersinar.

Sejatinya, terapi mandi dengan belut sudah cukup lama dikenal. Ia diadaptasi dari perawatan di salon kecantikan China. Belut yang digunakan pun merupakan belut jenis khusus, ukurannya kecil dan tipis seperti pensil. Ini lanjutan dari terapi ikan yang populer pada 2011. 

IPI Sebut Pemulung Ujung Tombak Pengumpulan Sampah tapi Banyak yang Tidak Mengapresiasi

Namun, mengutip laman Daily Mail, pakar kesehatan menganggap perawatan ini berbahaya. Menurut Wendy Nixon dari Chartered Institute for Environmental Health (CIEH), dikhawatirkan belut-belut kecil bisa masuk ke area genital saat seseorang sedang berendam.

“Dalam sebuah kasus, belut kecil ini masuk ke area genital pria dan terus masuk hingga ginjal. Akhirnya ia harus dioperasi hingga tiga jam,” ujar Nixon. Karena itu, ia menyarankan pengguna terapi belut melengkapi diri dengan pakaian yang rapat.

Otorita IKN Dukung Pengembangan Ekosistem Startup di IKN

Lebih lanjut ia menyebutkan, seharusnya peringatan itu dilakukan salon-salon tempat terapi belut itu ditawarkan. “Setiap perawatan yang diklaim menyehatkan tubuh, harus dipastikan dulu risikonya. Masyarakat harus diberi bimbingan dan saran sebelum melakukan terapi,” katanya lagi.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024