Indahnya "Gereja Tengkorak" di Polandia

Gereja Tengkorak di Polandia
Sumber :
  • smithsonianmag.com
VIVAlife -
Joint Operation Bea Cukai dan Polri Gagalkan Peredaran Kokain Cair dan Serbuk MDMA
Sekilas tampak tidak ada yang aneh dengan penampilan luar gereja yang terletak di Czermna, Polandia. Namun, gereja tersebut banyak dikunjungi berkat tata interiornya yang luar biasa unik. Bagaimana tidak, gereja yang terletak di sebelah barat daya Polandia ini, interiornya tersusun dari tengkorak dan tulang kaki yang berasal dari 3 ribu korban perang dan wabah penyakit yang menyerang Polandia. Karenanya, gereja tersebut diberi nama Kaplica Czaszek atau Gereja Tengkorak.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Susunannya pun tidak sembarangan, melainkan tertumpuk rapi. Kendati demikian, tetap saja suasana seram menguar saat mengunjungi kapel yang berlokasi di salah satu kota tertua di Polandia ini. Kengerian tak hanya sampai disitu, gereja tersebut juga menampung 21 ribu jasad korban perang dan wabah penyakit di dalamnya.
Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun


Alkisah, ide desain interior menyeramkan ini datang dari seorang pendeta lokal bernama Vaclav Tomasek antara tahun 1776 sampai 1804. Selama 28 tahun, Tomasek mengumpulkan, membersihkan dan menyusun tulang belulang dari jasad yang terkubur akibat perang yang terjadi di Polandia, yakni Perang 30 Tahun dan Perang Silesian, juga jasad korban wabah kolera.


Di altar gereja, Tomasek meletakkan koleksi tengkorak dari figur penting ataupun yang memiliki cerita mendalam, seperti tulang pahlawan perang, tengkorak dengan lubang peluru dan tulang raksasa. Ketika Tomasek meninggal pada tahun 1804, tengkoraknya pun diletakkan di altar sebagai bentuk penghormatan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya